Sukses

Selain Suara Terlalu Bising, Gangguan Pendengaran Juga Bisa Disebabkan Sindrom Ramsay Hunt

Suara bising atau suara yang terlalu keras seperti kebiasaan menggunakan headset dengan volume tinggi atau ledakan bom dapat memicu gangguan pendengaran.

Liputan6.com, Jakarta Suara bising atau suara yang terlalu keras seperti kebiasaan menggunakan headset dengan volume tinggi atau ledakan bom dapat memicu gangguan pendengaran.

Selain suara terlalu keras, gangguan pendengaran juga dapat dipicu oleh berbagai penyakit salah satunya sindrom Ramsay Hunt.

Melansir Independent, sindrom Ramsay Hunt adalah gangguan neurologis yang langka. Hal ini ditandai dengan ruam yang terjadi di sekitar telinga, wajah, atau mulut disertai kelumpuhan saraf wajah.

Ada dua gejala utama sindrom Ramsay Hunt yang meliputi ruam yang menyakitkan, seringkali dengan lepuh, di dalam dan sekitar satu telinga.

Gejala utama lainnya adalah kelumpuhan wajah pada sisi yang sama dari telinga yang terkena.

Kedua gejala sering terjadi pada saat yang sama, tapi bisa pula yang muncul hanyalah salah satu gejala.

Tanda-tanda lain yang mungkin dari kondisi ini termasuk: sakit telinga, gangguan pendengaran, tinitus, mulut kering, vertigo, dan perubahan atau hilangnya rasa.

Melansir Mayoclinic, sindrom ini juga bisa memicu komplikasi, termasuk:

-Kehilangan pendengaran permanen dan kelemahan wajah. Bagi kebanyakan orang, gangguan pendengaran dan kelumpuhan wajah yang terkait dengan sindrom Ramsay Hunt bersifat sementara. Namun, itu bisa menjadi permanen.

-Kerusakan mata. Kelemahan wajah yang disebabkan oleh sindrom Ramsay Hunt dapat membuat pasiennya sulit untuk menutup kelopak mata. Ketika ini terjadi, kornea, yang melindungi mata bisa menjadi rusak. Kerusakan ini dapat menyebabkan sakit mata dan penglihatan kabur.

-Neuralgia pascaherpes. Kondisi menyakitkan ini terjadi ketika infeksi herpes zoster merusak serabut saraf. Pesan yang dikirim oleh serabut saraf ini menjadi bingung dan berlebihan, menyebabkan rasa sakit yang mungkin berlangsung lama setelah tanda dan gejala lain dari sindrom Ramsay Hunt memudar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terjadi pada Justin Bieber

Belum lama ini, penyanyi Justin Bieber mengabarkan bahwa dirinya didiagnosis dengan sindrom Ramsay Hunt yang mengakibatkan separuh wajahnya lumpuh.

Kabar ini ia unggah melalui video singkat di Instagram pribadinya pada Jumat 10 Juni 2022. Postingan pemenang multi-Grammy itu muncul setelah dia membatalkan pertunjukannya di Toronto dan Washington, D.C, yang kini dia konfirmasi sebagai akibat dari kondisinya.

Dalam video dia hampir tidak bisa menggerakkan satu sisi wajahnya dan menyebut penyakitnya "cukup serius."

“Bagi mereka yang frustrasi dengan pembatalan pertunjukan berikutnya, saya hanya secara fisik jelas tidak mampu melakukannya,” katanya dalam unggahan tersebut.

“Tubuh saya memberi tahu saya bahwa saya harus istirahat. Saya harap kalian mengerti. ”

Sindrom Ramsay Hunt disebabkan oleh virus varicella-zoster. Ini merupakan virus yang sama dengan virus penyebab cacar air dan herpes zoster.

Penyakit ini kebanyakan memengaruhi orang dewasa di atas usia 60 yang sebelumnya menderita cacar air. Sedangkan pada anak-anak, penyakit ini jarang terjadi.

3 dari 4 halaman

Tidak Menular

Setelah cacar air sembuh, virus masih hidup di saraf. Bertahun-tahun kemudian, itu dapat diaktifkan kembali. Ketika itu terjadi, itu dapat memengaruhi saraf wajah. Sejauh ini alasan reaktivasi tidak diketahui.

Sindrom Ramsay Hunt tidak menular, meskipun kondisinya bisa lebih parah bagi mereka yang memiliki sistem kekebalan yang lemah.

Virus penyebab sindrom Ramsay Hunt dapat menyerang siapapun terutama:

-Yang belum pernah menderita cacar air atau yang belum pernah mendapatkan vaksin cacar air

-Siapapun yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah

-Bayi baru lahir

-Wanita hamil

Sindrom Ramsay Hunt biasanya diobati dengan steroid dan obat antivirus, seperti asiklovir atau valasiklovir.

Kadang-kadang, obat penghilang rasa sakit yang kuat akan diresepkan dan bagi mereka yang menderita kelemahan wajah, penutup mata dapat diberikan untuk mencegah kerusakan pada mata.

Jika kerusakan saraf relatif rendah, kebanyakan orang akan pulih dalam beberapa minggu.

Namun, jika kerusakannya sangat parah, orang mungkin tidak akan pernah pulih sepenuhnya.

4 dari 4 halaman

Lebih Cepat Ditangani Lebih Baik

Lebih jauh, sindrom Ramsay Hunt atau herpes zoster oticus terjadi ketika wabah herpes zoster memengaruhi saraf wajah di dekat salah satu telinga.

Dokter biasanya dapat mengidentifikasi sindrom Ramsay Hunt berdasarkan riwayat medis, pemeriksaan fisik, serta tanda dan gejala khas gangguan tersebut. Untuk memastikan diagnosis, dokter dapat mengambil sampel cairan dari salah satu lepuh ruam di telinga pasien untuk pengujian.

Perawatan yang tepat untuk sindrom Ramsay Hunt dapat mengurangi rasa sakit dan mengurangi risiko komplikasi jangka panjang. Obat-obatan mungkin termasuk:

-Obat antivirus. Obat-obatan seperti asiklovir (Zovirax), famciclovir (Famvir) atau valacyclovir (Valtrex) sering membantu memerangi virus cacar air.

-Kortikosteroid. Rejimen singkat prednison dosis tinggi tampaknya meningkatkan efek obat antivirus pada sindrom Ramsay Hunt.

-Obat anti kecemasan. Obat-obatan seperti diazepam (Valium) dapat membantu meredakan vertigo.

-Obat pereda nyeri. Rasa sakit yang terkait dengan sindrom Ramsay Hunt bisa parah. Resep obat nyeri mungkin diperlukan.

Pengobatan sindrom Ramsay Hunt yang cepat dapat mengurangi risiko komplikasi yang dapat mencakup kelemahan otot wajah permanen dan ketulian.

Anak-anak sekarang secara rutin divaksinasi terhadap cacar air, yang sangat mengurangi kemungkinan terinfeksi virus cacar air. Vaksin herpes zoster untuk orang berusia 50 tahun atau lebih juga dianjurkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.