Sukses

Semangati Anak-Anak Disabilitas, Guru Penyandang Autisme Berbagi Pengalaman Hidup

Seorang guru yang hebat dapat mengubah jalan hidup seorang anak.

Liputan6.com, Jakarta Siswa dengan autisme di Watson B. Duncan Middle School di Palm Beach Gardens, Florida, tidak hanya belajar akademis tetapi juga pelajaran hidup yang berharga dari seseorang yang pernah mengalami hal yang sama seperti mereka. Karena guru mereka, John Miller juga memiliki autisme.

Dilansir dari WCVB, John menggunakan pengalaman hidupnya untuk menginspirasi generasi berikutnya. Menurutnya, menjadi pengajar adalah alasannya untuk hidup, melebihi sekadar hasrat baginya.

“Ini adalah alasan saya. Ini adalah oksigen saya, melihat seseorang melakukan sesuatu yang tidak dapat mereka lakukan sebelumnya, baik itu akademis, sosial, atau emosional, itulah yang membuat saya bahagia, itu membuat saya bahagia,” kata Miller.

Ia telah menjadi guru selama 20 tahun terakhir. Ia menghabiskan tujuh tahun di Duncan Middle School untuk mengajar seni bahasa kepada siswa autisme.

Itu adalah sesuatu yang banyak orang ragukan bahwa ia bisa melakukannya.

“Ketika saya berusia dua tahun, saya tidak melakukan hal-hal yang biasanya dilakukan anak-anak. Perkembangan saya tertunda secara signifikan dan setelah seorang psikolog menemui saya selama setengah jam, mereka mengatakan saya cacat intelektual, ”kata Miller. “Seorang psikiater memberi tahu orang tua saya bahwa saya beruntung memiliki pekerjaan kasar. Saya mungkin tidak akan bisa mengendarai sepeda atau melempar bola.”

Miller mengatakan orang tuanya tidak pernah menyerah padanya. Ia mengatakan ayahnya bahkan mengeluarkannya dari sekolah khusus anak-anak disabilitas intelektual.

“Ayah saya ketika saya berusia tiga tahun sudah cukup dengan berkata, 'Saya tahu anak saya tidak difabel secara intelektual,' dan menarik saya keluar dari sekolah,” kata Miller.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengajar dengan bahasa yang mudah dipahami anak penyandang autisme

Sekarang, ia mengajar murid-muridnya tidak hanya seni bahasa, tetapi bagaimana menggunakan bahasa dengan cara yang dapat diakses oleh penyandang autisme. Ia membantu mereka mengadvokasi diri mereka sendiri, menjadi lebih mandiri, dan beradaptasi dengan dunia di sekitar mereka.

Awal bulan ini, ia mendapat kehormatan atas karyanya dengan William T. Dwyer Excellence in Education Award for Special Programs. Itu adalah sesuatu yang ia harap dapat menginspirasi orang lain dengan dan tanpa autisme.

"Ketika itu saya merasa luar biasa karena saya diakui. Dan murid-murid saya diakui bahwa saya sangat unik. Dan saya berharap saya tidak terlalu unik. Saya berharap ada contoh individu lain di sana,” kata Miller. “Itulah yang membuat penting agar orang melihat bahwa hanya karena Anda memiliki perbedaan, bukan berarti Anda harus ditahan, bukan berarti Anda harus dijauhi, bukan berarti Anda harus distigmatisasi.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.