Menpora Zainudin Amali Sampaikan 4 Poin Terkait ASEAN Para Games 2022

Oleh Fitri Syarifah pada 27 Mei 2022, 13:00 WIB
Diperbarui 27 Mei 2022, 13:00 WIB
Menpora Zainudin Amali
Perbesar
Menpora Zainuddin Amali (istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyampaikan empat poin penting dalam persiapan menjadi tuan rumah ASEAN Para Games XI 2022 di Solo, 20-31 Juli.

Dalam keterangan tertulis, Rabu, poin pertama adalah dari sisi payung hukum yang menjadi dasar dalam penyelenggaraan pesta olahraga disabilitas se-Asia Tenggara tersebut.

"Kedua dari sisi penganggaran, ketiga dari sisi kesiapan infrastruktur, dan keempat dari sisi teknis penyelenggaraan," ujar Amali, dikutip Antara.

Rapat kali ini dihadiri Ketua Komite Paralimpiade Nasional (NPC) Indonesia Senny Marbun dan perwakilan dari Kementerian terkait antara lain Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Keuangan, Kementerian PUPR, dan Kementerian Hukum dan HAM.

Dalam kesempatan ini, Amali berharap Indonesia sebagai tuan rumah mampu menjadi tuan rumah yang baik, meski secara persiapan tergolong singkat.

"Kita sudah punya pengalaman menyelenggarakan ini. Semoga dengan pengalaman tersebut, kita bisa menyelesaikan berbagai hal yang harus dipersiapkan sebelum kita melakukan kegiatan," kata Amali.

Sementara itu, Ketua NPC Indonesia Senny Marbun bersyukur karena Presiden Joko Widodo dan Menpora Amali menindaklanjuti usulan menjadikan Indonesia tuan rumah ASEAN Para Games setelah Filipina pada 2019 dan Vietnam 2022 tidak menyelenggara ajang tersebut.

Padahal ASEAN Para Games biasanya diselenggarakan setelah SEA Games dengan tuan rumah yang sama.

"Luar biasa pak presiden menerima usulan saya, Pak Jokowi mengatakan memang ini adalah keinginan seluruh masyarakat difabel se-ASEAN," ujar Senny.

Terkait persiapan ASEAN Para Games XI, Senny memastikan tidak ada kendala berarti. Persiapan infrastruktur sedang dilakukan renovasi oleh kementerian terkait.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Negara peserta sudah siap

Sementara Peraturan Presiden (Perpres) tengah digodok di Kementerian Hukum dan HAM, secepatnya akan diterbitkan sebagai payung hukum kegiatan.

"Kalau kesiapan negara-negara peserta, mereka sudah siap datang ke sini dan sangat ingin sekali bertanding di Indonesia," kata Senny menambahkan.

Untuk Indonesia sendiri, Senny memastikan bahwa atlet sudah siap bertanding menorehkan prestasi baik itu atlet Pelatnas sebelumnya maupun sejumlah atlet yang memecahkan rekor di Peparnas XVI Papua.

Dia pun meminta Menpora Amali untuk melakukan review kembali atlet pelatnas NPC di Solo.

"Tiga pekan yang lalu atlet yang belum direview sudah saya panggil ke Solo. Mereka adalah yang tampil pada PON Papua dan memiliki rekor bagus," katanya


Surakarta jadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022

Sebelumnya, dikutip Setkab, kesempatan menjadi tuan rumah ASEAN Para Games menandai kembalinya pesta olahraga bagi atlet penyandang disabilitas di Asia Tenggara. Ajang sebelumnya pada tidak bisa digelar di Filipina pada 2019 karena berbagai alasan, ditambah lagi pandemi Covid-19.

ASEAN Para Games XI kemudian seharusnya berlangsung pada 2021 di Vietnam, bergandengan dengan SEA Games XXXI. Namum, pandemi Covid-19 membuat kedua ajang itu diundur ke 2022. Vietnam kemudian menyatakan hanya sanggup menggelar SEA Games.

"Sehingga diberikan kesempatan kepada negara-negara ASEAN untuk mengajukan diri," kata Menpora.

Dalam perjalanannya, Kemenpora bersama Komite Nasional Paralimpiade (NPC) Indonesia menyampaikan kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah kepada Presiden Jokowi dengan lokasi Jawa Tengah, tepatnya di Surakarta dan sekitarnya, yang juga pernah menjadi tuan rumah ASEAN Para Games VI 2011.

Keputusan penetapan Surakarta sebagai tuan rumah pengganti ASEAN Para Games 2022 sudah dikeluarkan oleh ASEAN Para Sports Federation (APSF) pada 14 Januari lalu.

"Walaupun ini sangat dekat, tetapi karena kita sudah pernah punya pengalaman menjadi tuan rumah ASEAN Para Games tahun 2011, itu nanti akan ditempatkan di Jawa Tengah. Jadi ada Surakarta, Sukoharjo, Karanganyar dan beberapat tempat yang menjadi pelaksanaan," ujar Menpora. 

Infografis Timnas Indonesia Vs Vietnam di Final SEA Games 2019
Perbesar
Infografis Timnas Indonesia Vs Vietnam di Final SEA Games 2019. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya