27 Atlet NPC Papua Ikuti Pemusatan Latihan ASEAN Para Games 2022

Oleh Fitri Syarifah pada 26 Mei 2022, 18:00 WIB
Diperbarui 26 Mei 2022, 18:00 WIB
Asian Paragames 2018: Lompat Jauh
Perbesar
Tiarani Karisma Evi atlet Indonesia peraih medali perak di nomor lompat jauh putri klasifikasi T42-44/61-64 pada Asian Para Games 2018, di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Selasa (9/10/2018). (Bola.com/Peksi Cahyo)

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 27 atlet Nasional Paralimpik Committee (NPC) Provinsi Papua dipanggul mengikuti pemusatan latihan untuk persiapan ASEAN Para Games XI 2022 yang akan berlangsung di Kota Solo, Jawa Tengah.

Ketua NPC Papua H. Jaya Kusuma di Biak, Senin mengatakan, 27 atlet paralimpik NPC Papua yang saat ini sedang ditempa dalam pemusatan latihan merupakan atlet berprestasi di ajang Peparnas XVI Papua.

"Saya optimistis atlet paralimpik NPC Papua dapat meraih medali membawa nama bangsa Indonesia di ajang ASEAN Para Games 2022," ujarnya, dikutip Antaranews, Kamis (26/5/2022).

Sementara itu, pengurus NPC Pusat Herry Handoko mengatakan, puluhan atlet NPC Papua yang mengikuti pelatihan dipilih karena berprestasi saat Peparnas XVI Papua.

"Atlet NPC Papua sudah banyak membela kontingen Indonesia di ajang ASEAN Para Games, Asia Para Games hingga paralimpiade," kata Herry didampingi Ketua bidang organisasi NPC Pusat Rio Suseno.

Herry berharap, dengan dipanggilnya 26 atlet NPC Papua diharapkan bisa meraih prestasi merebut medali untuk kontingen Indonesia di ajang ASEAN Para Games 2022.

ASEAN Para Games 2022 Indonesia akan berlangsung di kota Solo dan sebagai tuan rumah akan mempertandingkan sebanyak 14 cabang olahraga.

Sebanyak 14 cabang olahraga akan dipertandingkan. Cabang olahraga itu adalah para atletik, para renang, para bulu tangkis, para angkat berat, para tenis meja, para catur, sepak bola CP, blind judo, boccia, voli duduk, goalball, tenis kursi roda, para panahan, serta basket kursi roda.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Asean Para Games 2022 Digelar Akhir Bulan Juli

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali bersama Ketua NPC Indonesia Senny Marbun sebelumnya mengatakan, Indonesia siap menjadi tuan rumah Asean Para Games 2022.

"Asean Para Games ini sebelumnya dilaksanakan di Filipina tahun 2019, ditunda tahun 2020 tidak bisa terlaksana karena ada kendala di Filipina waktu itu. Kemudian pelaksanaan Asean Para Games ini seharusnya bergandengan dengan SEA Games di Vietnam tahun ini, tetapi Vietnam hanya sanggup melaksanakan SEA Games 2022," kata Menpora Amali. 

"Sehingga diberikan kesempatan kepada negara-negara Asean untuk mengajukan diri dan kita (NPC Indonesia) menyampaikan kesiapan kita, dan sudah disampaikan kepada Presiden yang pelaksanaanya sekitar bulan Juli akhir. Meskipun ini sangat dekat, tapi karena kita punya pengalaman menjadi tuan rumah Asean Para Games 2011, maka nanti akan ditempatkan di Jawa Tengah. Ada di Surakarta, Sukoharjo, Karanganyar dan beberapa tempat lainnya," tambahnya.

Jawa Tengah sendiri menurut Menpora Amali selama ini juga dijadikan tempat pemusatan latihan bagi para atlet NPC Indonesia, dan di sana ada Rumah Sakit Dr Soeharso, serta UNS yang memberi dukungan dalam hal sport science. 

"Kita siap, penyelenggaraan ini dibawah koordinasi pemerintah pusat, bdan pertimbanganya adalah Menko PMK dan angggotanya Menteri terkait. NPC akan bertanggung jawab untuk prestasi. Cabor yang dipertandingkan ada 14 cabor," ujar Menpora Amali.

Sementara Ketua NPC Indonesia Senny Marbun pada keterangan pers tersebut menyampaikan terkait target |Indonesia sebagai tuan rumah Asean Para Games 2022 nanti. "Karena memang tanggung jawab kita memberikan yang terbaik untuk bangsa kita, apalagi tuan rumah, mudah-mudahan tanpa mendahului Tuhan, di atas kertas kita bisa Juara Umum," kata Senny

Infografis Timnas Indonesia Vs Vietnam di Final SEA Games 2019
Perbesar
Infografis Timnas Indonesia Vs Vietnam di Final SEA Games 2019. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya