Sukses

2 Dari 3 Penduduk Singapura Kehilangan Pekerjaan Karena Disabilitas

Dua pertiga (66%) tenaga kerja Singapura (penduduk Singapura yang bekerja penuh waktu berusia 18 tahun ke atas) yang disurvei khawatir akan kehilangan pekerjaan karena sakit atau disabilitas.

Liputan6.com, Jakarta Belum lama ini AIA Disability Income Survey 2022 merilis fakta yang mengejutkan. Bahwa dua pertiga (66%) tenaga kerja Singapura (penduduk Singapura yang bekerja penuh waktu berusia 18 tahun ke atas) yang disurvei khawatir akan kehilangan pekerjaan karena sakit atau disabilitas.

Dilansir dari NewsHubAsia (NHA), survei yang dilakukan pada April 2022 di antara lebih dari 1.000 responden yang terdiri dari Penduduk Singapura yang bekerja penuh waktu berusia 18 tahun ke atas, juga mengungkapkan tenaga kerja lokal akan berupaya bertahan dari implikasi finansial dari kehilangan pekerjaan karena sakit atau cedera dengan:

- Mengandalkan tabungan (63%)

- Mencari pekerjaan lain di mana tugas atau tugas lain dapat dilakukan (58%)

- Klaim dari asuransi (50%)

Melita Teo, Chief Customer and Digital Officer, AIA Singapore, mengatakan, “Kehilangan pekerjaan dan menjadi tergantung pada orang lain karena kecelakaan atau penyakit yang tidak terduga adalah menyakitkan dan memberikan beban finansial dan emosional yang berat pada seseorang dan orang yang mereka cintai. Memahami poin-poin menyakitkan dari rencana pendapatan disabilitas memungkinkan kami untuk mengatasi kekhawatiran warga Singapura dengan lebih baik mulai dari keterjangkauan, kemudahan mendapatkan asuransi dan membuat klaim.”

Hal tersebut mendorong mereka untuk memprioritaskan pengembangan rencana pendapatan disabilitas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dampak pandemi COVID-19

Pandemi berkepanjangan membuat tingginya kasus kesehatan mental dan kesejahteraan di antara warga Singapura.

Pada 2021, laporan Kementerian Tenaga Kerja (MOM) mencatat bahwa cedera di tempat kerja telah meningkat, dengan sektor konstruksi, transportasi menyumbang jumlah kematian tertinggi. Kesenjangan dalam perlindungan pendapatan disabilitas menjadi perhatian, terutama di kalangan pekerja kasar yang memiliki risiko disabilitas yang lebih tinggi karena sifat pekerjaan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.