Apple Sisipkan Fitur Sensor Ramah Disabilitas di iPhone dan iPad Terbaru

Oleh Fitri Syarifah pada 22 Mei 2022, 10:00 WIB
Diperbarui 22 Mei 2022, 10:00 WIB
Apple Resmi Rilis iPhone 13
Perbesar
CEO Apple Tim Cook dengan iPhone 13 Pro Max dan Apple Watch Series 7 selama acara khusus di Apple Park di Cupertino, California (14/9/2021). Dalam acara peluncuran, Tim Cook bangga engumumkan generasi iPhone terbaru kami, yaitu iPhone 13. (Brooks Kraft/Apple Inc. /AFP)

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan teknologi Apple belum lama ini mengumumkan perangkat barunya yang semakin ramah disabilitas.

Dilansir dari Disabilityscoop, raksasa teknologi itu mengkonfirmasi akan memperkenalkan rangkaian fitur perangkat lunak baru di akhir tahun ini.

Seperangkat aksesibilitas produksi Apple yang baru termasuk alat pendeteksi pintu dimaksudkan untuk membantu mereka yang menyandang disbailitas. Alat tersebut menggunakan sensor di iPhone atau iPad untuk membantu mereka yang memiliki masalah penglihatan menemukan jalan mereka ketika tiba di lokasi baru.

Alat pendeteksi pintu akan tersedia bagi pengguna dengan model iPhone dan iPad Pro yang lebih baru yang menampung pemindai Lidar perusahaan, yang akan digunakan bersama kamera perangkat untuk melihat pintu ketika pengguna tiba di lokasi baru.

Fitur ini juga bisa membuat pengguna tahu cara membuka dan membaca tanda dan simbol di sekitar pintu dan memberikan informasi lebih lanjut seperti nomor gedung atau kantor, dengan tujuan membantu mereka yang memiliki disabilitas netra atau memiliki penglihatan rendah (low vision).

Perusahaan tersebut mengumumkan fitur ini akan sudah terpasang di model Pro atau Pro Max dari iPhone 12 atau 13 dan versi yang lebih baru dari model iPad Pro 11 inci dan 12,9 inci.

Alat itu akan digabungkan dengan alat aksesibilitas baru untuk Apple Watch, dengan alat pasangan baru untuk memungkinkan pengguna mengontrol jam tangan pintar dari iPhone yang terhubung, yang juga akan memungkinkan orang dengan cacat fisik dan motorik untuk mengontrol Jam tangan mereka menggunakan perintah suara dan tindakan lainnya.

 


Subtitle untuk memudahkan komunikasi pengguna Tuli

Selain itu, Apple mengatakan akan memperkenalkan teks langsung di iPhone, iPad dan Mac untuk pengguna gangguan dengar dan Tuli, memungkinkan mereka untuk melihat teks real-time pada konten audio apa pun di panggilan video, konten streaming, dan video di media sosial, dengan teks yang dibuat di perangkat untuk melindungi privasi.

“Apple menanamkan aksesibilitas ke dalam setiap aspek pekerjaan kami, dan kami berkomitmen untuk merancang produk dan layanan terbaik untuk semua orang,” kata direktur senior kebijakan dan inisiatif aksesibilitas perusahaan, Sarah Herrlinger.

“Kami senang memperkenalkan fitur-fitur baru ini, yang menggabungkan inovasi dan kreativitas dari tim di seluruh Apple untuk memberi pengguna lebih banyak pilihan untuk menggunakan produk kami dengan cara yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kehidupan mereka.”

Sejumlah fitur lain juga dikonfirmasi akan hadir akhir tahun ini, termasuk fitur pengontrol teman yang akan memungkinkan pengguna untuk meminta teman atau penyedia perawatan untuk membantu mereka memainkan game dengan membiarkan pemain menggabungkan dua pengontrol untuk menggerakkan input untuk satu pemain.

Sementara itu, waktu jeda Siri akan memungkinkan penyandang disabilitas bicara untuk menyesuaikan berapa lama asisten virtual Siri menunggu sebelum menanggapi permintaan.

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas
Perbesar
Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya