Mattel Bakal Produksi Lebih Banyak Barbie Penyandang Disabilitas

Oleh Fitri Syarifah pada 21 Mei 2022, 10:00 WIB
Diperbarui 21 Mei 2022, 10:00 WIB
Ilustrasi barbie. Photo by Skitterphoto/Pexels
Perbesar
Ilustrasi barbie. Photo by Skitterphoto/Pexels

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan pembuat Barbie, Mattel akan membuat boneka versi penyandang disabilitas.

Dilansir dari Disabilityscoop, Mattel mengatakan bulan ini mereka akan merilis boneka Barbie pertama dengan alat bantu dengar di belakang telinga. Pembuat mainan juga memperkenalkan boneka baru dengan kaki palsu.

Penawaran tersebut merupakan bagian dari koleksi Fashionistas, yang mencakup lebih dari 175 penampilan yang bervariasi dalam warna kulit, warna mata, warna dan tekstur rambut, tipe tubuh, disabilitas, dan mode, kata Mattel.

“Barbie dengan sepenuh hati percaya pada kekuatan representasi, dan sebagai lini boneka paling beragam di pasar, kami berkomitmen untuk terus memperkenalkan boneka yang menampilkan berbagai warna kulit, tipe tubuh, dan disabilitas untuk mencerminkan keragaman yang dilihat anak-anak di dunia sekitar mereka,” kata Lisa McKnight, wakil presiden eksekutif dan kepala global Barbie dan boneka di Mattel.

“Penting bagi anak-anak untuk melihat diri mereka tercermin dalam produk dan mendorong bermain dengan boneka yang tidak menyerupai mereka untuk membantu mereka memahami dan merayakan pentingnya inklusi.”

 


Barbie dengan kursi roda banyak peminat

Lini Fashionista telah memasukkan Barbie yang menggunakan kursi roda sejak 2019. Saat itu, Mattel mengatakan perangkat tersebut merupakan salah satu fitur yang paling banyak diminta konsumen.

Perusahaan menunjukkan bahwa mereka bekerja dengan Dr. Jen Richardson, audiolog pendidikan, untuk memastikan representasi akurat dalam boneka dengan alat bantu dengar di belakang telinga.

Selain memperluas penawaran Barbie penyandang disabilitas, Fashionista baru tahun ini akan menampilkan boneka dengan payudara yang lebih kecil, melengkung dan seperti tipe-tipe tubuh asli.

Merek tersebut juga menambahkan boneka Ken dengan vitiligo, suatu kondisi yang menyebabkan bercak kulit kehilangan warna, serta ada juga Ken versi rambut pendek berakar, bahkan dengan tipe tubuh ramping.

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas
Perbesar
Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya