Rayakan Ultah, IU Donasikan Sebagian Uangnya untuk Penyandang Disabilitas

Oleh Fitri Syarifah pada 18 Mei 2022, 18:00 WIB
Diperbarui 18 Mei 2022, 18:00 WIB
IU. (Instagram/ dlwlrma)
Perbesar
IU. (Instagram/ dlwlrma)

Liputan6.com, Jakarta Idola dan aktor K-pop populer Lee Ji-Eun, yang terkenal dengan nama panggungnya IU baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-29 pada 16 Mei 2022. Artis muda ini semakin disayangi penggemarnya setelah mengetahui bagaimana sang idola merayakan hari kelahirannya tersebut tahun ini.

Dilansir dari Republicworld, IU memutuskan untuk merayakan hari istimewanya dengan memberikan sumbangan ke berbagai bidang. Diantaranya untuk mendukung rumah tangga dengan orang tua tunggal, perawatan bagi remaja penyandang disabilitas pendengaran, dan masih banyak lagi.

Sementara Alkpop menuliskan, IU berdonasi sebesar 210 juta KRW atau $163,517 USD yang setara dengan 2,4 miliar rupiah. Dan mendonasikan uangnya ke Korean Unwed Mothers' Families Association.

Donasi akan digunakan untuk mendukung biaya pengobatan anak-anak dan remaja dengan gangguan pendengaran, biaya hidup untuk keluarga orangtua tunggal berpenghasilan rendah, dan renovasi fasilitas untuk anak-anak.

Donasi tersebut dilakukan atas nama IUAENA, yang merupakan kombinasi dari namanya dengan nama fandomnya, UAENA.

Ini bukan pertama kalinya pemeran utama drama Hotel Del Luna memberikan sumbangan yang berarti karena ini adalah tindakan tahunannya. Setelah donasi tersebut, agensi IU mengeluarkan pernyataan untuk menginformasikan hal yang sama kepada para penggemar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pujian netizen

Berdasarkan lansiran Soompi, agensi IU EDAM Entertainment mengeluarkan pernyataan untuk memberi tahu para penggemar tentang sumbangan bijaksana penyanyi-aktor Korea itu. Pernyataan itu berbunyi,

''Ulang tahun datang setiap tahun, tetapi kami ingin menyebarkan kehangatan tahun ini juga dengan UAENA. Kami berharap Mei ini bisa menjadi bulan yang nyaman bagi semua orang yang bergerak maju di bawah sinar matahari musim semi yang hangat serta mereka yang beristirahat sejenak di bawah naungan. Dan tentu saja, untuk UAENA kami yang merayakan dengan hati yang bahagia lebih dari siapapun, terima kasih selalu!''

 


Ucapan fans

Tidak lama kemudian penggemar membanjiri media sosial dengan pujian untuk aktris tersebut karena memberikan sumbangan kepada yang membutuhkan. Banyak yang mengirimkan cinta dan ucapan selamat ulang tahunnya yang menawan saat seorang penggemar menulis, "Selamat Ulang Tahun Sayangkuu!!! Semoga menjadi Hari ulang tahun yang paling bahagia untuknya!!!".

Banyak penggemar memuji tindakan niat baiknya saat salah satu penggemar mentweet, "Ia adalah malaikat sejati, ia berpikir untuk membantu orang lain bahkan di hari ulang tahunnya!" sementara yang lain menulis, "Selamat ulang tahun untuk sinar matahari yang paling cerah, manusia yang paling penuh kasih dan indah. ily (singkatan I Love You) tanpa henti kusampaikan untuk lee iu jieun dan saya berharap Anda selalu bersinar''.

Di bidang profesional, IU saat ini sedang bersiap-siap untuk merilis film Broker -nya yang akan dirilis pada 8 Juni 2022. Selain itu, ia dikabarkan diundang ke Festival Film Cannes 2022.

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Perbesar
INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya