Sukses

WHO Peringatkan Bahaya Obesitas karena Picu Disabilitas, Bahkan Kematian

Obesitas adalah salah satu penentu utama kematian dan disabilitas, bahkan merupakan penyebab 13 jenis kanker yang berbeda di wilayah Eropa. Sehingga kondisi obesitas harus segera ditangani dan dikelola oleh tim multidisiplin.

Liputan6.com, Jakarta Data WHO menunjukkan, hampir dua pertiga orang dewasa dan 1 dari 3 anak-anak di Wilayah Eropa hidup dengan kelebihan berat badan atau obesitas, dan angka ini masih terus bertambah. Sehingga mereka keluarkan peringatan bahaya obesitas.

Dilansir dari situs resmi WHO, laporan baru dari WHO European Regional Obesity Report 2022 memperingatkan risiko kesehatan serius yang terkait dengan meningkatnya tingkat obesitas. Obesitas adalah salah satu penentu utama kematian dan disabilitas, bahkan merupakan penyebab 13 jenis kanker yang berbeda di wilayah Eropa. Sehingga kondisi obesitas harus segera ditangani dan dikelola oleh tim multidisiplin.

“Obesitas tidak mengenal batas. Di Eropa dan Asia Tengah, tidak ada satu negara pun yang akan memenuhi target WHO Global NCD untuk menghentikan peningkatan obesitas,” kata Dr Hans Henri P. Kluge, Direktur Regional WHO untuk Eropa, dalam keterangan tertulis di laman WHO, Minggu (14//5/2022).

“Negara-negara di Wilayah kami sangat beragam, tetapi setiap negara ditantang sampai tingkat tertentu. Dengan menciptakan lingkungan yang lebih memungkinkan, mempromosikan investasi dan inovasi di bidang kesehatan, dan mengembangkan sistem kesehatan yang kuat dan tangguh, kita dapat mengubah lintasan obesitas di Kawasan (Eropa).”

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kasus obesitas mungkin akan menyalip bahaya rokok

Dalam keterangannya, disebutkan bahwa obesitas bisa saja menyalip peringkat merokok sebagai risiko utama untuk kanker yang dapat dicegah. Sebab kegemukan dan obesitas menempati urutan keempat sebagai faktor risiko kematian, setelah tekanan darah tinggi, risiko diet dan tembakau.

Obesitas adalah penyakit multifaktorial kompleks yang menghadirkan risiko bagi kesehatan. Hal ini terkait dengan banyak penyakit tidak menular (PTM) termasuk penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2 dan kanker.

Untuk beberapa negara di kawasan Eropa, diperkirakan dalam beberapa dekade mendatang obesitas akan menyalip merokok sebagai faktor risiko utama kanker yang dapat dicegah.

Laporan tersebut juga menyoroti bahwa obesitas adalah suatu kondisi, bukan hanya faktor risiko, yang perlu ditangani dan dikelola secara khusus.

 

3 dari 4 halaman

WHO peringatkan tren obesitas dan kelebihan berat badan di Eropa

Menurut laporan tersebut, prevalensi obesitas untuk orang dewasa di Wilayah Eropa lebih tinggi daripada di wilayah WHO lainnya kecuali Wilayah Amerika. Data terbaru menunjukkan bahwa kelebihan berat badan dan obesitas menyumbang lebih dari 1,3 juta kematian secara global setiap tahun, tetapi bahkan angka-angka ini mungkin diremehkan.

Di Kawasan Eropa, kelebihan berat badan dan obesitas telah mencapai proporsi epidemi, dengan tingkat prevalensi lebih tinggi pada laki-laki (63%) dibandingkan pada perempuan (54%). Tarif cenderung lebih tinggi di negara-negara dengan pendapatan lebih tinggi.

Tingkat kelebihan berat badan dan obesitas tertinggi ditemukan di Mediterania dan negara-negara Eropa Timur. Ketimpangan pendidikan tersebar luas, dengan prevalensi obesitas yang lebih tinggi ditemukan pada orang dengan tingkat pendidikan yang lebih rendah.

 

4 dari 4 halaman

COVID-19 dan masalah obesitas

Pandemi COVID-19 membuat masalah obesitas semakin mendesak. Pasien dengan obesitas lebih cenderung mengalami komplikasi dan kematian akibat virus, dan banyak dari pasien tersebut mengalami gangguan dalam mengakses layanan manajemen obesitas.

Data awal juga menunjukkan bahwa selama pandemi saat ini, orang memiliki paparan lebih tinggi terhadap faktor risiko obesitas, termasuk peningkatan gaya hidup dan konsumsi makanan yang tidak sehat.

Rekomendasi kebijakan WHO

“Obesitas dipengaruhi oleh lingkungan, jadi penting untuk melihat masalah ini dari perspektif setiap tahap kehidupan. Misalnya, kehidupan anak-anak dan remaja dipengaruhi oleh lingkungan digital, termasuk pemasaran makanan dan minuman yang tidak sehat,” kata Dr Kremlin Wickramasinghe, Penjabat Kepala WHO European Office for the Prevention and Control of NCD (NCD = Non-communicable Disease alias penyakit tidak menular), yang memproduksi WHO European Regional Obesity Report 2022.

“Kami telah belajar dari waktu ke waktu bahwa satu kebijakan tidak akan berhasil. Untuk berhasil sebagai negara atau Wilayah, kita membutuhkan paket intervensi yang komprehensif. Tidak ada satu negara pun yang mampu memperkenalkan semua kebijakan ini pada saat yang bersamaan. Penting untuk memprioritaskan 2 atau 3 kebijakan untuk diterapkan sekarang dan memiliki rencana yang layak untuk memperkenalkan intervensi lainnya,” tambah Dr Wickramasinghe.

“Membatasi makanan tidak sehat untuk anak-anak, perpajakan minuman manis dan meningkatkan respons sistem kesehatan untuk manajemen obesitas saat ini adalah salah satu bidang kebijakan yang paling aktif dibahas di Wilayah Eropa WHO.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.