Dari Tom Cruise hingga Selena Gomez, 10 Selebriti Ini Memiliki Disabilitas

Oleh Fitri Syarifah pada 17 Apr 2022, 15:00 WIB
Diperbarui 17 Apr 2022, 15:00 WIB
Tampilan Terbaru Selena Gomez dengan Rambut Berponi, Makin Manis
Perbesar
Intip penampilan terbaru penyanyi Selena Gomez dengan rambut berponi. (Instagram/selenagomez).

Liputan6.com, Jakarta Tahukah Anda, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengestimasikan bahwa 15% dari populasi dunia saat ini memiliki sejenis disabilitas, dan jumlah itu meningkat setiap tahun? Kamus Oxford mendefinisikan disabilitas sebagai “kondisi fisik atau mental yang membatasi gerakan, indera, atau aktivitas seseorang.”

Sementara banyak penyandang disabilitas merasa terasingkan di masyarakat, lebih sering merasa kurang terwakili di dunia, padahal ada banyak selebriti yang memiliki disabilitas yang sama dengan mereka.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini daftar beberapa selebriti terkenal yang menyandang disabilitas.

1. Tom Cruise

Dikutip dari IMDb, Tom Cruise termasuk dalam katergori selebriti dengan disabilitas. Anda mungkin hanya mengingat dirinya yang seorang aktor Hollywood yang hebat. Namun aktor film Mission: Impossible tersebut menderita disleksia, yaitu disabilitas belajar yang memengaruhi kemampuannya dalam belajar, mengeja dan menulis.

Menurut Mayo Clinic, disleksia adalah gangguan belajar yang melibatkan kesulitan membaca karena masalah mengidentifikasi suara bicara dan belajar bagaimana mereka berhubungan dengan huruf dan kata (decoding).

Meskipun disleksia bisa menyulitkan bagi sebagian orang, Tom Cruise tidak membiarkan disabilitasnya ini menghentikannya. Aktor tersebut menyatakan bahwa dia didiagnosis menderita disleksia pada usia tujuh tahun, tetapi ia berhasil menyembunyikan ketidakmampuan belajarnya dari anak-anak lain di sekolah. Cruise menggambarkan dirinya sebagai "buta huruf fungsional," selama tahun-tahun awalnya, melalui sekolah menengah, dan melalui beberapa film pertamanya. Tom Cruise berhasil melewati audisi dengan cara yang sangat unik. “Saya akan meminta sutradara dan produser untuk berbicara tentang karakter dan filmnya. Saya akan mengumpulkan informasi dari mereka dan saya akan menggunakannya… Saya cukup bagus dalam ad-libbing,” katanya di salah satu wawancara.

Nah, ad-libbing Tom Cruise terbayar. Hari ini, Cruise dianggap sebagai salah satu dari 100 bintang film teratas sepanjang masa dengan film-film yang menghasilkan $2,6 miliar.

2. Walt Disney

Banyak orang tumbuh bersama atau menonton film Disney selama bertahun-tahun. Film-film animasinya, dari film klasik seperti Snow White, Cinderella, The Lion King, hingga Finding Nemo, yang dipenuhi keajaiban dan kesenangan sangat menghibur dan cocok untuk ditonton bersama teman dan keluarga.

Di balik semua ini adalah kejeniusan Walt Disney, pendiri Walt Disney Company. Walt Disney adalah salah satu dari banyak kreativitas luar biasa yang pernah hidup dengan disabilitas.

Lahir pada tahun 1901, ia menciptakan karakter Mickey Mouse, yang sekarang terkenal di dunia, dan karakter kartun ikonik yang digunakan sebagai maskot resmi kerajaan Disney. Namun sebelum ia sukses di dunia animasi, tahukah Anda bahwa ia sebenarnya putus sekolah karena kesulitan akan disleksianya?

Dikutip dari IMDb, ia termasuk salah satu selebriti penyandang disabilitas. Meskipun ia berjuang dengan disleksianya, ia tidak membiarkan hal itu menghentikannya untuk meraih impiannya. Capaiannya hingga kini tak lepas dari kemauannya untuk terus berusaha, dari bekerja di sebuah studio animasi hingga akhirnya membuka studionya sendiri, asal dari banyak karya hebat yang kita kenal dan cintai.

 


3. Daniel Radcliffe

Daniel Radcliffe, bintang film Harry Potter, menderita dispraksia, menurut sebuah artikel online di Halifax [UK] Courier.

Dikutip dari National Center for Learning Disabilities, dispraksia adalah gangguan neurologis yang memengaruhi kemampuan individu untuk merencanakan dan memproses tugas motorik, sering dikaitkan dengan kecerobohan. Penderitanya, laki-laki empat kali lebih banyak daripada perempuan.

Aktor pemeran Harry Potter tersebut mengaku ingin menjadi aktor sejak usia 5 tahun. Namun ibunya baru memperbolekannya ikut audisi di usia 9 tahun karena melihatnya membutuhkan dorongan kepercayaan diri. Itu berhasil bagi Radcliffe, namun beberapa hal masih terasa sulit baginya, misalnya untuk mengikat tali sepatunya dan tulisan tangannya yang tak terbaca.

Ahli neurologi, Dr. david Younger dari New York University Medical School mengatakan, "Saya adalah penggemar serial Harry Potter dan tidak menyangka kalau Daniel Radcliffe menderita dispraksia. Jelas dispraksianya tergolong ringan, tapi fakta ia tidak menunjukkan tanda-gejalanya mungkin semua berkat kemampuan aktingnya dan menjadikannya contoh bagi orang lain yang menderita kondisi serupa."

Juru bicaranya juga mengatakan, "Radcliffe tidak pernah menyembunyikan ini, yang untungnya kondisinya tergolong ringan dan hal terburuk yang bisa terjadi padanya adalah ia tidak mampu mengikat tali sepatunya sendiri dan tulisan tangganya yang jelek."

4. Ludwig Van Beethoven

Ia adalah seorang pianis dan komposer Jerman yang tetap menjadi salah satu komposer paling berpengaruh dan diakui di dunia. Menariknya, beberapa karyanya yang paling penting disusun selama dekade terakhir hidupnya, ketika Ludwig van Beethoven sama sekali tidak dapat mendengar, sebagaimana dikutip dari Healthguide.

5. David Beckham

Beckham adalah bintang sepak bola terkenal, tetapi tahukah Anda bahwa ia menderita sindrom Tourette? Tourette adalah suatu kondisi yang melibatkan sistem saraf, menyebabkan gerakan dan suara yang tidak terkendali dan berulang. Tourette yang ia derita diwujudkan melalui perjuangannya dengan OCD.

 


6. Marlee Matlin

Ia adalah seorang penulis, aktris, dan aktivis Amerika yang memenangkan Academy Award untuk Aktris Terbaik untuk film 'Children of a Lesser God'.

Karena disabilitas genetik koklea, Marlee Matlin menjadi Tuli sejak ia berusia 18 bulan.

7. Lady Gaga

Dikutip dari Healthguide, penyanyi-penulis lagu fenomenal asal Amerika ini didiagnosis dengan fibromyalgia, suatu kondisi medis yang ditandai dengan respons nyeri yang meningkat terhadap tekanan dan nyeri kronis yang meluas.

8. Justin Timberlake

Ia adalah aktor Amerika, pengusaha, musisi, dan produser rekaman yang membuat kekayaannya dari film dan musik.

Dikutip dari Healthguide, Justin Timberlake didiagnosis dengan gangguan obsesif-kompulsif dan ADHD.

9. Johnny Depp

Depp dikenal dengan banyak pertunjukan aktingnya selama bertahun-tahun, dari Kapten Jack Sparrow hingga Willy Wonka. Pada 2013, ia mengungkapkan bahwa ia tunanetra di satu mata dan rabun jauh di mata lainnya. Terlepas dari kondisinya, ia terus membuat jejaknya di beberapa film paling terkenal sepanjang masa.

10. Selena Gomez

Selena Gomez menderita penyakit autoimun yang disebut lupus. Lupus adalah penyakit di mana sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang sel, organ, dan jaringan yang sehat, melihatnya sebagai benda asing.

Dalam kasus Gomez, lupusnya menyerang ginjalnya secara spesifik, biasanya disebut lupus nephritis. Hal ini membuat ia menjalani transplantasi ginjal pada usia 24 tahun untuk menyelamatkan hidupnya. Ia sekarang menjadi advokat untuk pejuang lupus di mana-mana dan terus mendorong pentingnya kesehatan mental dan fisik.

10 selebriti ini hanyalah sebagian kecil dari ribuan selebriti disabilitas di dunia. Bagi penyandang disabilitas, Anda tidak sendirian, Anda memiliki jutaan orang di belakang Anda yang memiliki kondisi yang sama dan atau serupa dengan Anda. Apa pun rintangannya, Anda akan bertahan, sama seperti banyak selebritas ini di seluruh dunia.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya