Sukses

Balita Ini Bukti Nyata Pentingnya Diagnosis Awal Gangguan Pendengaran

Alice didiagnosis dengan gangguan pendengaran yang parah di kedua telinga saat bayi dan menerima implan koklea sebulan setelah ulang tahun pertamanya.

Liputan6.com, Jakarta Alice didiagnosis dengan gangguan pendengaran yang parah di kedua telinga saat bayi dan menerima implan koklea sebulan setelah ulang tahun pertamanya.

Dilansir dari ABC News, setelah lebih dari empat tahun menjalani terapi wicara intensif dan janji audiologi reguler, ibu Alice, Angelique Salisbury mengatakan kalau Alice mulai menunjukkan hal-hal kecil yang menandakan bahwa ia mencintai kehidupannya dan gembira mendengar.

"Ia suka melakukan konser kecil, konser musik di rumah untuk kita, suka segala sesuatu yang berhubungan dengan suara," kata sang ibu.

"Kosakatanya semakin kuat. Kemudian ia akan berjalan dengan suami saya dan ia akan mengatakan, 'Ayah, hal favorit saya adalah hanya berbicara,' dengan sendirinya dan itu sangat menakjubkan," tambahnya.

Alice dibesarkan untuk tidak menganggap implan koklea sebagai tanda keterbatasan karena disabilitas, melainkan sebagai superpower.

"Kami memilih untuk tidak melihatnya sebagai disabilitas tetapi sebagai kemampuan yang tidak dimiliki orang lain. Kami ingin ia bangga dengan fakta bahwa ia Tuli," kata Salisbury.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Deteksi dini untuk mengembangkan komunikasi

Alice, yang bersekolah di Wondall Heights State School di Brisbane East, adalah satu dari lebih dari satu juta anak Queensland yang telah menjalani pemeriksaan pendengaran bayi baru lahir sejak program tersebut dimulai pada tahun 2004.

Saat itu, program Children's Health Queensland telah mengidentifikasi lebih dari 2.600 anak mengalami gangguan pendengaran.

Direktur program Healthy Hearing Rachael Beswick mengatakan bahwa dengan mendiagnosis gangguan pendengaran dalam beberapa bulan pertama kehidupan, memungkinkan intervensi dini sehingga anak-anak dapat mengembangkan bicara dan bahasa sebagaimana anak seusianya.

Sebelum pemeriksaan pendengaran bayi baru lahir universal dimulai di Queensland, usia rata-rata deteksi gangguan pendengaran permanen pada anak-anak adalah sekitar usia 30 bulan.

Dr Beswick mengatakan sekitar dua dari 1.000 anak lahir dengan gangguan pendengaran dan pada saat anak-anak masuk sekolah, dua per 1.000 lainnya mengalami masalah pendengaran.

Dalam kasus Alice, dokter menemukan melalui tes darah tusukan tumit, yang diambil dalam beberapa hari pertama kehidupan, bahwa ia dilahirkan dengan cytomegalovirus (CMV), faktor risiko yang diketahui untuk gangguan pendengaran, yang dapat memburuk seiring waktu.

Ibunya tanpa sadar tertular CMV saat mengandung putrinya.

Meskipun pemeriksaan pendengaran bayi baru lahir mendeteksi masalah di telinga kanan Alice, CMV mengakibatkan gangguan pendengaran progresif di kedua telinga.

Tapi implan koklea telah memberinya karunia berbicara.

"Ini benar-benar sebuah perjalanan dan kadang-kadang tidak pasti, tetapi dengan dukungan dari begitu banyak orang yang berbeda, kami benar-benar merasa diberkati bahwa Alice berada dalam posisi yang sangat baik," kata Nyonya Salisbury.

"Ia gadis kecil yang ceria dan terus terang yang akan memberi tahu Anda apa yang ada di pikirannya dan suka berbicara tentang pengalamannya."

Keluarga itu, termasuk ayah Alice, Jason, dan saudara lelakinya yang berusia delapan tahun, Harrison, berencana untuk belajar bahasa isyarat Australia, Auslan, tahun ini agar dapat terhubung dengan semua bagian dunia tuli.

Dan di liburan sekolah Alice berencana untuk mendengarkan penyanyi favoritnya Elsa di Disney's Frozen the Musical di Queensland Performing Arts Centre.

"Nyanyiannya sangat indah," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.