Sukses

Manfaatkan Momen Ramadhan, Pencukur Cerita Pengalaman Pangkas Rambut Anak Autisme

Yayasan Ananda Mutiara Indonesia (Y-AMI) Sidoarjo, Jawa Timur memanfaatkan momen Ramadhan untuk bakti sosial potong rambut gratis bagi anak disabilitas dan umum.

Liputan6.com, Jakarta Yayasan Ananda Mutiara Indonesia (Y-AMI) Sidoarjo, Jawa Timur memanfaatkan momen Ramadhan untuk bakti sosial potong rambut gratis bagi anak disabilitas dan umum.

Seperti diketahui, memangkas rambut anak disabilitas bukanlah perkara mudah. Hal ini diceritakan Ketua Umum Y-AMI Yenni Darmawanti, S.E setelah melaksanakan bakti sosial pangkas rambut gratis pada 4 April 2022.

Menurutnya, dari kuota 20 anak hanya ada 16 yang berhasil dipangkas lantaran sebagian anak mengalami tantrum.

Salah satu yang cukup unik yakni Zulfa, bocah usia 7 yang menyandang autisme. Ia tak mau masuk ruangan dan menjalani proses pangkas rambut di atas motor.

“Zulfa potong rambut di atas sepeda motor. Kebetulan juga anaknya pas lagi tantrum tapi rambutnya sudah panjang,” kata Yenni kepada Disabilitas Liputan6.com, Selasa (5/4/2022).

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memakan Waktu 30 Menit

Khusus untuk Zulfa, proses pangkas rambut memakan waktu hingga 30 menit. Padahal, rata-rata anak lain menghabiskan waktu 15 menit untuk pangkas rambut.

“Khusus buat zulfa sekitar 30 menit karena banyak gerak. Yang lain rata-rata 15 menit selesai.”

Durasi tersebut terhitung cepat, pasalnya jika dipangkas di rumah maka dibutuhkan waktu lebih kurang hingga 5 hari untuk mendapat potongan yang rapi.

“Kalau ibunya yang nyukur di rumah bisa 5 hari baru kelar kata ibu-ibu yang datang kemarin,” ujar Yenni dengan emoji tertawa.

3 dari 4 halaman

Curhatan Orangtua

Yenni menambahkan, memang banyak orangtua yang mengaku kesulitan ketika membawa anak-anak istimewa mereka ke tempat potong rambut.

Anak-anak spesial seringkali tantrum dan tidak kooperatif ketika pemangkas rambut mendekatkan alat cukur ke kepala mereka.

"Terima kasih, Zulfa jadi ganteng, selama ini dia enggak pernah potong rambut di luar. Lah mau dipotong anaknya malah lari," kata Ita ibu Zulfa.

Selain Zulfa, ada anak lain yang cukup menarik perhatian. Moch. Felis Lampard yang menyandang down syndrome. Menurut Yenni, Felis mengompol saat hendak pulang.

“Sudah selesai dipangkas terus pipis di celana, di karpet. Untung yang karpet plastik,” kata Yenni.

4 dari 4 halaman

Infografis 3 Tips Atasi Takut Jarum Suntik Saat Vaksinasi COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.