Sukses

SOIna Siap Gelar Pekan Special Olympic Nasional pada 3-8 Juli 2022

Pekan Special Olympic Nasional (Pesonas) 2022 akan digelar oleh Special Olympic Indonesia (SOIna) pada 3-8 Juli di Semarang, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta Pekan Special Olympic Nasional (Pesonas) 2022 akan digelar oleh Special Olympic Indonesia (SOIna) pada 3-8 Juli di Semarang, Jawa Tengah.

Pesonas adalah ajang yang berisi kompetisi 12 cabang olahraga dan kegiatan lain seperti seni, budaya, kongres keluarga dan pemuda SOIna, pemeriksaan kesehatan, serta berbagai bentuk inovasi lain.

Menurut Ketua Umum SOIna Warsito Ellwein, Pesonas diadakan untuk mencetak talenta-talenta baru dari kalangan anak-anak penyandang disabilitas.

Namun sesuai dengan kondisi mereka, di acara Pesonas nanti anak bertalenta khusus tersebut harus merasa aman, nyaman guyub, rukun, dan bahagia.

“Jadi selama Pesonas nanti kita bangun suasana itu sehingga setelah kegiatan Pesonas, dalam kehidupan sehari-hari mereka juga merasa aman dan nyaman,” ujar Warsito mengutip keterangan pers Jumat (1/4/2022).

Simak Vdieo Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kegiatan Pesonas

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia Pesonas Ony Suharsono menjelaskan Pesonas akan diisi dengan rangkaian kegiatan olahraga dan kegiatan non olahraga seperti kegiatan seni dan budaya.

“Dalam Pesonas ini, kompetisi bukanlah kegiatan yang utama. Yang utama adalah memperkenalkan anak-anak bertalenta khusus yang perlu kita perhatikan dan perlu kita dukung dalam kehidupan sehari-hari,” kata Ony.

Sementara, persiapan Pesonas telah berlangsung di tingkat provinsi, di mana para pengurus daerah membentuk kontingen untuk diberangkatkan ke Semarang. Pengiriman atlet berdasarkan pada kriteria yang telah ditetapkan dan sepenuhnya menjadi kewenangan pengurus daerah.

Perhelatan itu akan ditata sedemikian rupa hingga menjadi sebuah pertemuan yang aman, nyaman, terbuka dan leluasa bagi ribuan atlet yang terlibat. Kondisi seperti itu diharapkan menjadi pengalaman luar biasa karena dalam kehidupan sehari-hari, para penyandang disabilitas mengalami berbagai kesulitan dalam mendapat kesempatan untuk bisa mandiri.

3 dari 4 halaman

Tanggapan Menpora

Terkait rencana ini, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menyatakan bahwa pemerintah mendukung acara tersebut.

“Masyarakat kita yang bertalenta khusus ini harus mendapat perhatian dari pemerintah agar mereka hidup dengan tenang, bahagia dan mandiri,” ujar Zainudin Amali usai berdiskusi dengan pengurus Soina dan Panitia Pesonas di Kantor Kemenpora.

Menurutnya, Kemenpora akan memberikan dukungan sesuai aturan dan kemampuan kementerian. Yang pasti, lanjutnya, secara pribadi dia menyambut baik dan mengapresiasi apa yang dilakukan pengurus SOIna dan juga penyelenggara Pesonas.

“Selamat dan sukses untuk Pesonas tahun 2022,” katanya.

 

 

4 dari 4 halaman

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.