14 Artis K-Pop Belajar Bahasa Isyarat Demi Fans, Termasuk Blackpink dan BTS

Oleh Fitri Syarifah pada 30 Mar 2022, 10:00 WIB
Diperbarui 30 Mar 2022, 10:00 WIB
Rose Blackpink. (Instagram/ roses_are_rosie)
Perbesar
Rose Blackpink. (Instagram/ roses_are_rosie)

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah artis K-Pop kerap memperlihatkan bahasa isyarat sebagai bentuk komunikasi dengan penggemar. Siapa saja mereka?

Dilansir dari Koreaboo, berikut ini daftar idol yang pernah menunjukkan bahasa isyarat:

1. Rosé (BLACKPINK)

Pada fansign BLACKPINK pada Oktober 2019, Rosé mengejutkan BLINK dengan memamerkan keterampilan bahasa isyarat yang tidak pernah mereka ketahui sebelumnya.

Dalam klip lucu hari itu, ia mengatakan, “Senang bertemu denganmu!” dalam bahasa isyarat Korea untuk semua penggemar di kerumunan dengan gangguan pendengaran.

2. Wheein (MAMAMOO)

MAMAMOO terkenal dengan upaya grup dalam menyertakan penggemar dengan gangguan pendengaran dan penglihatan. Selain menambahkan fungsi getar pada lightstick 'MooBong' dan mempelopori subtitle Korea di siaran langsung, para anggota juga telah belajar bahasa isyarat untuk berkomunikasi dengan MooMoos.

Di salah satu fansign, Wheein terlihat memberi isyarat kepada penggemar dengan gangguan pendengaran, dan ia bahkan mengajari anggota lain cara berbahasa isyarat untuk mengucapkan "I Love You".

3. Red Velvet

Ada banyak hal yang terjadi dalam video musik untuk "Red Flavor" Red Velvet, itulah sebabnya banyak orang tidak pernah menyadari bahwa MV mereka sebenarnya menyertakan bahasa isyarat.

Dalam adegan di mana anggota Red Velvet merepresentasikan buah mereka masing-masing, pada samping bawah layar tampak mereka menerjemahkan wawancara tersebut ke dalam bahasa isyarat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


4. Sunny (Girls' Generation)

Sunny belajar bahasa isyarat untuk berkomunikasi dengan orang-orang tunarungu melalui kegiatan sukarela ketika ia masih muda.

Ia mampu memamerkan berbagai isyarat di acara TV, termasuk “Oke”, “Senang bertemu denganmu!”, dan “Namaku Sunny,”.

5. BTOB

Mengingat tarian K-Pop sering menyertakan gerakan tangan yang rumit, tidak mengherankan jika BTOB menggunakan berbagai isyarat dari bahasa isyarat dalam koreografi mereka.

Para anggota pernah mengungkapkan bahwa mereka memiliki ide untuk memasukkan bahasa isyarat dalam tarian asli mereka untuk “Missing You”. Beberapa isyarat dalam koreo mereka yaitu "Aku merindukanmu" dan "satu tahun". Mereka kemudian memposting penampilan versi bahasa isyarat penuh dari lagu tersebut dengan penggemar yang memiliki gangguan pendengaran.

6. Luna (f(x))

Kembali pada tahun 2012, Luna dari f(x) menerima surat yang menyentuh dari seorang penggemar tunarungu. Dalam surat tersebut, MeU menjelaskan bahwa mereka menyukai penampilan Luna, tetapi sebenarnya tidak dapat mendengarnya.

Kata-kata itu sangat berarti bagi Luna sehingga ia memutuskan untuk belajar bahasa isyarat sehingga ia bisa tampil dengannya di variety show Immortal Song.

7. Sohye (ex-IOI)

Ketika masih aktif mempromosikan grup IOI, vokalis dan rapper Sohye mengungkapkan bahwa ia mulai belajar bahasa isyarat. Pada saat itu, ia hanya tahu beberapa isyarat, tetapi ia dapat menggunakannya sedikit dengan Soyou SISTAR di Star Show 360.

8. Seolhyun AOA dan Kim Min Suk MeloMance

Dingo dikenal dengan kolaborasi bahasa isyarat mereka, dan medley dari Seolhyun AOA dan Kim Min Suk dari MeloMance ini adalah musik yang enak didengar dan menyenangkan untuk ditonton.

9. Bolbbalgan4

Lagu "first love" yang menggemaskan tentang cinta pertama, mereka kemas dalam bahasa isyarat dan justru membuat lagunya semakin manis.

10. T-ara

T-ara menggunakan bahasa isyarat dalam paduan suara mereka untuk "TIAMO."

 


11. Kang Sung Hoon SECHKIES

Interaksi dengan penggemar tunarungu di acara fansign yang terekam di salah satu rekaman penggemar ini pasti akan menghangatkan hati yang paling dingin sekalipun.

12. Choi Yoojung Weki Meki

Dilansir dari Allkpop, selama fanmeeting pada tahun 2017, Yoojung mengejutkan penggemar dengan berkomunikasi dengan penggemar tunarungu melalui bahasa isyarat. Selama acara, ia menunjukkan kipas dan kemudian mengepalkan tangan kirinya, memutarnya secara vertikal, dan merentangkan telapak tangan kanannya di atas tangannya. Ia kemudian melanjutkan untuk melingkari telapak tangannya di atas tangan kirinya. Di Korea Selatan, ini adalah tanda untuk "Aku mencintaimu." Ia juga mengisyaratkan "terima kasih" kepada penggemar dengan mengulurkan tangan kanannya dan menepuk lengannya beberapa kali dengan punggung tangan kirinya.

13. V BTS

Tahun 2020, BTS adalah bagian dari proyek "Class of 2020" YouTube, dan grup tersebut merekam video diri mereka memberikan pidato pembukaan kepada lulusan dari kelas 2020 yang tidak dapat memiliki kelulusan fisik mereka sendiri. Dalam pidatonya V, ia berharap para wisudawan mendapatkan keberuntungan dan kesempatan. Di akhir pidatonya, V mengejutkan para penggemar setelah menunjukkan bahasa isyarat bersorak, yang menunjukkan bahwa ia bersorak untuk para wisudawan.

14. BTS

Ketika BTS merilis lagu "Permission to Dance" di awal tahun, lagu tersebut dipuji karena keragamannya dan mengirimkan pesan harapan. Namun dalam video musik mereka juga terdapat bahasa isyarat yang dimasukkan ke dalam koreografi mereka. Bahkan, mereka menggunakan bahasa isyarat Korea (KSL) dan internasional (ASL) dalam koreografi untuk menunjukkan kata-kata “menyenangkan”, “menari”, dan “damai”

Infografis Cara Cek Tiket & Jadwal Vaksinasi Booster Covid-19 Gratis
Perbesar
Infografis Cara Cek Tiket & Jadwal Vaksinasi Booster Covid-19 Gratis (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya