Sukses

Troy Kotsur, Aktor Tuli Pertama yang Menangkan Piala Oscar

Aktor penyandang Tuli Troy Kotsur membuat sejarah baru dalam gelaran Oscar. Ia menjadi aktor penyandang Tuli pertama yang memenangkan penghargaan bergengsi tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Aktor penyandang Tuli Troy Kotsur membuat sejarah baru dalam gelaran Oscar. Ia menjadi aktor penyandang Tuli pertama yang memenangkan penghargaan bergengsi tersebut.

Peran sebagai nelayan dan ayah dalam drama keluarga CODA membawa namanya masuk dalam nominasi aktor pendukung terbaik dan berhasil memboyong piala pada 27 Maret 2022.

Melansir Channel News Asia, pria usia 53 telah bekerja selama lebih dari tiga dekade di teater, televisi dan film untuk penonton Tuli dan gangguan pendengaran.

Kiprahnya dalam dunia perfilman berbuah manis sekaligus menjadi contoh bagi para penyandang disabilitas untuk tetap berkarya.

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terkait CODA

Terkait CODA, judul tersebut diambil dari akronim Child of Deaf Adult atau diartikan pula sebagai anak dari orangtua Tuli.

Dalam film yang ditulis Sian Heder, Kotsur memainkan Frank Rossi, ayah dari remaja bernama Ruby yang berjuang untuk membantu bisnis memancing keluarganya sambil mengejar cita-cita dalam bidang musik.

Sebelumnya, lawan main Kotsur dalam film yang sama, Marlee Matlin juga menyabet penghargaan Oscar dan menjadikannya sebagai aktris Tuli pertama pemenang penghargaan tersebut. 

3 dari 4 halaman

Tentang Kotsur

Kondisi Tuli sudah disandang Kotsur sejak lahir. Ia dibesarkan di Arizona sebagai satu-satunya anggota keluarga yang tidak mendengar.

Ia pun bersekolah di Phoenix Day School for the Deaf dan sekolah menengah pinggiran kota di Mesa.

Sebagian besar pengalaman Kotsur berasal dari teater, dengan peran dalam Of Mice and Men, A Streetcar Named Desire, dan produksi Broadway Big River: The Adventures of Huckleberry Finn.

Dia juga muncul dalam sebuah episode serial televisi Star Wars: The Mandalorian dan menciptakan bahasa isyarat fiksi untuk Tusken Raiders di planet Tatooine.

Sebelumnya, Kotsur juga mendapatkan penghargaan aktor pendukung atas perannya sebagai Ciaran Hinds dalam Belfast, J.K. Simmons dalam Being the Ricardos, dan Kodi Smit-McPhee dalam The Power of the Dog.

4 dari 4 halaman

Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.