Sukses

Teknologi Sensor di AS Bantu Pejalan Kaki Tunanetra dan Gangguan Penglihatan

Semakin canggihnya teknologi saat ini memungkinkan teknologi sensor menjadi bagian dari pembangunan kota dan desa di AS.

Liputan6.com, Jakarta Teknologi sensor menjadi bagian dari pembangunan kota dan desa di AS. Mulai dari sensor yang dapat merasakan api hingga sensor yang dipasang di dalam wadah sampah untuk memperingatkan karyawan jika tiba waktunya membuang sampah.

Dilansir dari Americancityandcounty, adapun teknologi baru yang dipatenkan dari Intelligent Material Solutions, Inc. dirancang untuk membantu pejalan kaki tunanetra dan gangguan penglihatan dalam menavigasi trotoar yang sibuk dan menghindari bahaya trotoar.

Teknologi sensor yang mereka gunakan menerpakan sistem panduan kooperatif untuk menentukan geolokasi pejalan kaki yang tepat dan memandu mereka ke transportasi umum, pintu masuk ritel, pintu keluar trotoar, dan lokasi lainnya.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), minimal 2,2 miliar orang memiliki beberapa bentuk gangguan penglihatan secara global. Sementara menurut GPS.gov, meskipun bantuan berbasis GPS ponsel cerdas mungkin tampak seperti sistem panduan yang efektif, GPS yang diaktifkan ponsel saat ini memburuk di sekitar pohon dan struktur seperti jembatan dan bangunan.

Maka dari itu, kristal Bumi yang jarang ditemukan, yang mengubah energi dan menyediakan informasi digital, disematkan dalam cat atau termoplastik. Sensor yang dipasang atau terintegrasi dengan tongkat dapat mendeteksi kristal, mengumpulkan umpan balik geolokasi.

"Sistem yang dipasangkan dengan perangkat pintar memberikan kesadaran situasional yang ditingkatkan bagi pengguna. Manfaatnya termasuk panduan garis lurus di persimpangan dan identifikasi perhentian transit. Sistem ini juga dapat digunakan di dalam ruangan untuk panduan di department store dan pusat perbelanjaan,” menurut sebuah pernyataan tentang teknologi tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Teknologi kristal

Teknologi kristal, yang disebut "Bahan Cerdas," didefinisikan di situs web organisasi sebagai "kristal fisik, optik, dan magnet yang sangat dapat disetel yang menunjukkan sifat pendaran naik dan turun. Kristal yang dipatenkan menunjukkan konversi energi yang dapat disetel dengan baik, dengan spektrum emisi dan penyerapan yang unik. Melalui metode IMS, kristal dapat ditumbuhkan ke berbagai bentuk atau ukuran (3nm-50.000nm) dan secara alami akan mengatur dirinya sendiri seperti yang digambarkan di sebelah kanan. Kristal tersebut bersifat inert dan dapat digunakan untuk berbagai aplikasi termasuk, ilmu hayati dan diagnostik, pertahanan, otentikasi, transportasi, spektroskopi, dan banyak lagi.”

Untuk menyempurnakan dan menguji teknologi dalam skenario kehidupan nyata, Intelligent Material Solutions bekerja dengan mitra termasuk City of Tampa, Florida, Tampa Lighthouse for the Blind, Ohio State University, Ohio State School for the Blind, Portland State University dan University of British Columbia.

Demonstrasinya dilakukan di Portland State University dan University of British Columbia untuk menguji keefektifan cat dan rotan sekaligus menerima umpan balik dari para sukarelawan. Organisasi ini juga telah melakukan uji coba di Tampa.

Sejauh ini, teknologi sensor telah mendapat sambutan positif dari mereka yang telah mengujinya sejauh ini.

“Relawan BVI kami yang berpartisipasi dalam uji coba di Portland dan Vancouver BC sangat senang dengan potensi bantuan yang dapat diberikan oleh I-Paint dan sistem tebu kepada mereka. Kami baru pada tahap awal mengeksplorasi semua cara teknologi ini dapat digunakan untuk membantu orang menavigasi melalui lingkungan perkotaan yang kompleks,” kata Jonathan Fink, direktur Portland State University’s Digital City Testbed Center.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini