Sukses

Mantan Karyawan Uniqlo Mengubah Pakaian Biasa Jadi Adaptif untuk Penyandang Disabilitas

Maeda memulai layanan perubahan pakaian yang ia namai 'Kiyasuku', artinya, mudah dipakai.

Liputan6.com, Jakarta Fesyen adalah alat ekspresi diri, tetapi sayangnya tidak selalu dapat diakases oleh penyandang disabilitas, orang yang sakit, dan orang dengan cedera. Sebab kebanyakan pakaian sulit dikenakan ketika mobilitas terbatas.

Menurut Teppei Maeda, mantan karyawan Uniqlo, pakaian yang tersedia untuk mereka sangat sedikit sementara penyandang disabilitas ada banyak, terutama di Jepang. Menurutnya, sangat sulit menemukan pakaian yang mudah dipakai oleh populasi tersebut, yang sekaligus bisa dipakai untuk bergaya.

Dilansir dari Soranews24, atas dasar itulah, Maeda memulai layanan perubahan pakaian yang ia namai 'Kiyasuku', artinya, mudah dipakai.

Setelah mendiskusikan pilihan pakaian untuk penyandang disabilitas dengan rekan kerja yang memiliki gangguan pendengaran, Maeda memutuskan untuk mewawancarai ratusan orang untuk mempelajari lebih lanjut. Dari situlah ia menemukan bahwa tantangan mode terbesar bagi penyandang disabilitas adalah tidak cukupnya jenis pakaian yang bisa mereka kenakan.

Jadi Maeda mulai berpikir tentang apa yang bisa ia lakukan untuk membantu. Kemudian tercetuslah Kiyasuku, layanan menjahit online pertama di Jepang yang khusus untuk penyandang disabilitas. Di Kiyasuku, bagian-bagian pakaian yang membuatnya sulit untuk dipakai akan dimodifikasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Modifikasi baju

Di Kiyasuku, mereka dapat mengubah T-shirt dan kaus sehingga terbuka di bagian depan, dan melepas ritsleting dan kancing dan menggantinya dengan velcro. Mereka dapat mengerjakan semua jenis pakaian yang disesuaikan, dari pakaian santai hingga pakaian luar. Tentunya layanan ini menjadi peluang bisnis, karena masih sulit ditemukan.

Proses pemesanan dan lain-lain dilakukan secara online untuk mempermudah pelanggan. Kurang lebih alurnya begini, setelah Anda memiliki item pakaian yang ingin Anda ubah, Anda mengakses situs web. Tunjukkan perubahan apa yang Anda inginkan, dan pilih penjahit yang diinginkan. Setelah pertemuan digital dengan penjahit melalui situs web, Anda mengirim pakaian Anda melalui pos, dan mereka akan memperbaikinya untuk Anda dan mengirimkannya kembali.

Staf di Kiyasuku sangat berdedikasi untuk tujuan ini dengan keinginan yang tulus untuk membantu orang yang membutuhkan, sehingga Anda dapat yakin bahwa pakaian Anda akan dirawat dengan baik. Salah satu anggota bahkan orang tua dari seorang anak penyandang disabilitas, yang belajar menjahit dengan mengubah pakaian untuk anak mereka.

Dengan demikian, Kiyasuku mungkin terdengar seperti layanan hebat yang memungkinkan orang memakai pakaian yang ingin mereka kenakan, bukan hanya karena itu adalah sesuatu yang bisa mereka kenakan. Jadi, jika Anda ingin memakai kaus grafis Pokemon terbaru dari UNIQLO, tetapi tidak bisa memakainya, atau ingin tampil nyaman dan bergaya di rumah dengan piyama tetapi sulit mengenakannya, atau ingin mengenakan pakaian bertemakan gothic lolita, Kiyasuku mungkin bisa membantu Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.