Sukses

Perempuan Inggris Buatkan Jaket Pelampung untuk Ikan Mas Disabilitas yang Sulit Berenang

Perempuan asal Inggris Stacey O'Shea memiliki ide unik untuk membantu ikan mas penyandang disabilitas dapat kembali berenang dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta Perempuan asal Inggris Stacey O'Shea memiliki ide unik untuk membantu ikan mas disabilitas dapat kembali berenang dengan baik.

Ia membuatkan jaket pelampung yang disesuaikan agar ikan mas itu bisa berenang kembali. Perangkat pelampung ikan yang berukuran mini dapat dilihat dalam video viral di unggahan Facebook Garden Sanctuary.

"Dia telah hidup di dasar tangkinya secara terbalik untuk beberapa waktu," kata O’shea yang juga mengelola tempat perlindungan hewan peliharaan di timur laut Birmingham mengutip New York Post, Jumat (11/3/2022).

Ikan kecil yang malang itu mengidap gangguan kandung renang yang tidak dapat diobati yang membuatnya hanya diam terbalik di dasar tangki, katanya.

Bertekad untuk tidak membiarkan ikan itu mati, pemilik yang putus asa mencari bantuan dari O'Shea.

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pembuatan Pelampung Ikan

O’shea berhasil membuat tabung sirip dari tabung plastik kecil dan sambungan T yang biasanya digunakan untuk filter AC. Dia kemudian membebani perangkat dengan polistiren sehingga ikan tidak akan mengapung ke permukaan.

Menyesuaikan jumlah polistiren secara berkala membantu ikan mas berenang ke tingkat yang berbeda di dalam tangki, memungkinkan dia untuk berenang ke seluruh bagian tangki.

Dalam menciptakan alat bantu tersebut, O'Shea terinspirasi dari semangat ikan dan pemiliknya.

3 dari 4 halaman

Masalah Kandung Renang

Kandung renang ikan (swim bladder) adalah organ yang mengandung oksigen yang sangat penting untuk mempertahankan daya apung ikan di air.

Kualitas air yang buruk, masalah diet, dan stres dapat menyebabkan masalah dengan kandung renang ikan, yang mengakibatkan perubahan daya apung.

Dalam beberapa kasus, masalah muncul ketika cairan masuk ke kandung renang. Ikan mas sangat rentan terhadap gangguan daya apung karena tubuh bulat dan duri melengkung.

O'Shea bukanlah pecinta ikan pertama yang mengimprovisasi perangkat flotasi untuk ikan mas yang membutuhkan.

Seorang pria Massachusetts, Amerika Serikat menciptakan jaket pelampung berbentuk tabung yang serupa untuk hewan peliharaannya yang berusia 5. Di San Antonio, seorang karyawan akuarium juga berhasil menyelamatkan ikan mas yang disabilitas dengan membuat kursi roda air.

 

4 dari 4 halaman

Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.