Sukses

Hari Pendengaran Sedunia 2022, WHO Tekankan Standar Global Kebisingan

Tahun ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan akan fokus pada pentingnya mendengarkan dengan aman sebagai sarana untuk menjaga pendengaran yang baik sepanjang hidup.

Liputan6.com, Jakarta Setiap 3 Maret, seluruh dunia memperingati hari pendengaran sedunia. Tahun ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan akan fokus pada pentingnya mendengarkan dengan aman sebagai sarana untuk menjaga pendengaran yang baik sepanjang hidup.

Pada 2021, WHO meluncurkan Laporan Dunia tentang meningkatnya jumlah orang yang hidup dan berisiko mengalami gangguan pendengaran. Ini menyoroti kontrol kebisingan sebagai salah satu dari tujuh intervensi pendengaran utama dan menekankan pentingnya mengurangi paparan suara keras.

Tema untuk tahun ini adalah To hear for life, listen with care (Untuk mendengar seumur hidup, Mendengarkan dengan hati-hati). Tema ini akan berfokus pada pentingnya dan sarana pencegahan gangguan pendengaran melalui pendengaran yang aman, dengan pesan utama sebagai berikut :

- Dimungkinkan untuk memiliki pendengaran yang baik sepanjang perjalanan hidup melalui perawatan telinga dan pendengaran

 ​- Banyak penyebab umum gangguan pendengaran dapat dicegah, termasuk gangguan pendengaran yang disebabkan oleh paparan suara keras​

- Mendengarkan dengan aman dapat mengurangi risiko gangguan pendengaran yang terkait dengan paparan suara

- WHO menyerukan kepada pemerintah, mitra industri, dan masyarakat sipil untuk meningkatkan kesadaran dan menerapkan standar berbasis bukti yang mempromosikan pendengaran yang aman.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peluncuran buku

Mengutip dari laman WHO, hari pendengaran sedunia ini juga menandai peluncuran:

- Standar global untuk tempat umum agar mendengarkan yang aman,

- buku pegangan mSafeListening , dan

- Perangkat media untuk jurnalis.

Serta tagar #safelistening #worldhearingday #hearingcare untuk meningkatkan kesadaran netizen.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini