Sukses

Siap-Siap, Pekan Special Olympic Nasional Digelar pada Juli 2022

Pekan Special Olympic Nasional (Pesonas) 2022 akan diadakan pada Juli mendatang oleh Special Olympic Indonesia (SOIna).

Liputan6.com, Jakarta Para atlet disabilitas perlu bersiap lantaran Pekan Special Olympic Nasional (Pesonas) 2022 akan diadakan pada Juli mendatang oleh Special Olympic Indonesia (SOIna).

Acara ini didukung oleh pemerintah melalui berbagai kementerian dan lembaga terkait. Dukungan tersebut disampaikan dalam Rapat Koordinasi yang diadakan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

“Semoga di bulan Juli nanti kasus COVID-19 sudah menurun sehingga antusias masyarakat untuk berpartisipasi makin banyak dan dapat diikuti peserta dari seluruh Indonesia,” kata Didik Suhardi, Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan dan Prestasi Olahraga Kemenko PMK mengutip keterangan pers Kamis (10/2/2022).

“Beberapa waktu belakangan pandemi cenderung naik sehingga perlu dibuat Plan B atau rencana lain untuk menyesuaikan dengan keadaan,” tambahnya.

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kendati APBN Terbatas

Pemerintah memperhatikan dan mendukung rencana penyelenggaraan kegiatan olahraga kendati dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) terbatas, lanjut Didik.

Kegiatan Pesonas yang diinisiasi masyarakat tetap memerlukan kehadiran pemerintah agar tercipta sinergi yang memungkinkan lancarnya acara dari awal hingga selesai.

“Apalagi ke depannya acara Pesonas juga berkontribusi untuk membesarkan nama Indonesia di dunia internasional.”

Dalam Rakor tersebut, Ketua Umum SOIna, Warsito Ellwein, menjelaskan Pesonas adalah ajang dimana anak-anak bertalenta khusus mendapat tempat untuk mengembangkan diri di bidang olahraga.

“Anak bertalenta khusus bukanlah anak cacat. Mereka tidak butuh dikasihani, tapi mereka butuh ruang yang seluas-luasnya untuk mengembangkan diri secara maksimal,” ujar Warsito.

3 dari 4 halaman

Tentang SOIna

Warsito menjelaskan, SOIna didirikan pada 1989 sebagai bagian dari gerakan Special Olympiade Internasional yang fokus pada olahraga beserta program pendukungnya.

Kegiatan ini dimulai pada 1968, diprakarsai oleh Euniche Kennedy Schriver. Rencananya, para atlet berprestasi di Pesonas akan diikutsertakan dalam acara Special Olympic 2023 yang akan digelar di Berlin, Jerman.

“Pesonas ini akan menjadi ajang pesta anak-anak bertalenta khusus yang aman, nyaman, guyub, rukun, dan bahagia. Tema besarnya, ‘Akulah Bintang’,” lanjut Warsito.

Pesonas akan diikuti oleh 2.000 atlet dari 34 provinsi yang akan berlaga di 12 cabang olahraga. Cabang yang dipertandingkan adalah atletik, bulutangkis, tenis meja, sepak bola, renang, bola basket, boche, futsal, senam ritmik, bola tangan, bola voli dan tari daerah.

Selain itu, Pesonas juga menggelar kegiatan non olahraga, seperti Kongres Nasional Keluarga dan Pemuda SOIna, program pelatihan kepemimpinan para atlet, jaringan dukungan keluarga, seni budaya, dan revolusi inklusi.

Kirab obor menjadi salah satu rangkaian acara menjelang pembukaan Pesonas. Acara kirab sudah dimulai sejak Desember 2021, start dari Blora, lanjut ke Rembang, Pati, Jepara dan lain-lain.

“Nanti akan berkirab juga di Banten dan Jakarta sebelum akhirnya dibawa ke lokasi Pesonas di Salatiga,” ujar Warsito. 

 

4 dari 4 halaman

Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.