Sukses

Mengenal Gejala Sindrom Vater, Disabilitas Bawaan Lahir yang Berpengaruh pada Berbagai Bagian Tubuh

Salah satu disabilitas bawaan lahir yang dapat memberikan beragam pengaruh pada penyandangnya adalah Sindrom Vater.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu disabilitas bawaan lahir yang dapat memberikan beragam pengaruh pada penyandangnya adalah sindrom Vater.

Ini merupakan istilah yang merujuk pada sekelompok disabilitas fisik bawaan lahir yang terjadi ketika bagian tubuh tidak terbentuk dengan baik di dalam rahim.

Gejala sindrom Vater dapat bervariasi tergantung pada jenis disabilitas lahir, organ yang terlibat, dan seberapa besar pengaruhnya.

Kelainan tulang belakang dan trakeoesofageal (tabung yang mengarah dari tenggorokan ke paru-paru dan tabung yang mengarah dari tenggorokan ke perut) adalah gejala yang paling umum.

Gejala ini memengaruhi sekitar 70 persen orang dengan sindrom Vater. Atresia anal (anus tersumbat di luar) dan kelainan ginjal terjadi pada sekitar 50 persen orang dengan sindrom Vater. Sedangkan, disabilitas spesifiknya dapat bervariasi pada setiap penyandang.

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berbagai Gejala Sindrom Vater

Beberapa gejala sindrom Vater dapat meliputi:

-Kelainan tulang belakang atau hilangnya bagian tulang belakang.

-Hilangnya sebagian tulang rusuk.

-Tulang iga ekstra.

-Vertebra berbentuk kupu-kupu.

-Sambungan batang tenggorokan yang tidak normal.

-Pembukaan kerongkongan hilang.

-Tidak adanya lubang anus.

-Lubang di hati.

-Kelainan ginjal.

-Aliran balik urin.

-Tidak adanya jempol.

-Bentuk ibu jari tidak biasa.

-Adanya jari tangan atau kaki ekstra.

“Banyak bayi dengan sindrom Vater berukuran kecil saat lahir dan tumbuh lambat. Sindrom Vater (umumnya) tidak menyebabkan disabilitas intelektual,” mengutip tulisan yang ditinjau ulang oleh dokter anak asal India Poonam Sachdev, MD di Webmd.com, Selasa (8/2/2022).

3 dari 4 halaman

Singkatan Vater

Istilah Vater merupakan sebuah singkatan. Huruf-huruf tersebut mewakili berbagai bagian tubuh yang memiliki disabilitas lahir seperti:

-Vertebra, di mana tulang tulang belakang hilang atau tidak beraturan.

-Anus, di mana penyandangnya memiliki anus yang tersumbat yang disebut anus impeforate, atau anus yang tidak terbuka ke luar tubuh yang disebut pula tresia anal.

-Trakea, di mana penyandangnya memiliki trakea dan kerongkongan yang hubungannya tidak teratur dan disebut pula fistula.

-Esophagus atau kerongkongan, di mana kerongkongan tidak memiliki lubang, disebut atresia esophagus.

-Renal, disabilitas yang memengaruhi ginjal.

Sindrom ini kadang-kadang juga disebut asosiasi Vater atau asosiasi VACTERL. Dalam hal ini, C singkatan dari cardiac atau jantung, ketidakteraturan, dan L singkatan dari limb differences atau perbedaan anggota badan.

4 dari 4 halaman

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.