Sukses

Tips Menghangatkan Tubuh Selama Musim Dingin bagi Penyandang Disabilitas

Blogger disabilitas Gemma Orton membagikan kiat-kiat menghangatkan tubuh saat cuaca dingin bagi penyandang disabilitas yang mobilitasnya terbatas.

Liputan6.com, Jakarta Blogger disabilitas Gemma Orton membagikan kiat-kiat menghangatkan tubuh saat cuaca dingin bagi penyandang disabilitas yang mobilitasnya terbatas.

Menurutnya, di musim dingin beberapa penyandang disabilitas fisik dapat tetap merasakan kedinginan walaupun berada di dalam rumah yang dilengkapi mesin penghangat.

Maka dari itu, ada beberapa cara yang ia lakukan guna merasa lebih hangat dan dapat juga dipraktikkan oleh penyandang disabilitas lainnya.

Kiat-kiat tersebut yakni:

Minta Bantuan Kucing

Bagi Gemma, mengenakan mantel bulu tidak terlalu membantu menghilangkan rasa dingin di tubuh. Maka dari itu, ia selalu meminta bantuan kucingnya untuk berada didekapannya.  

Menurutnya, kucing selalu memancarkan kehangatan ditambah dengan bulunya yang lebat.

“Tidak ada yang lebih nyaman daripada meringkuk bersama kucing,” katanya mengutip disabilityhorizons.com Kamis (20/1/2022).

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gunakan Botol Air Panas

Cara lain yang cukup membantu adalah menggunakan botol kaca atau botol karet yang diisi air panas. Cara lama ini cukup efektif memberi kehangatan terutama bagi yang suka dengan sensasi panas di kulit.

“Saya suka kenyamanannya, kesederhanaannya, dan panasnya cukup lama. Pastikan Anda mengencangkan tutupnya dengan baik dan mengganti botol air panas secara teratur agar tidak cepat rusak.”

3 dari 5 halaman

Minuman Panas

Tidak hanya bagus untuk menghangatkan tangan, minuman hangat juga bisa menghangatkan dari dalam.

“Ketika saya kedinginan, itu secara internal sangat dingin dan saya membutuhkan waktu berjam-jam untuk menghangatkannya kembali. Mereka mengatakan dingin sampai ke tulang, itu benar-benar terasa.”

Maka dari itu, minuman panas cukup membantu untuk menghangatkan tubuh dari dalam. Itu juga yang menjadi alasan Gemma selalu membawa termos dan cangkir ketika bepergian.

4 dari 5 halaman

Selimut Elektrik

Selimut elektrik menjadi benda wajib bagi Gemma. Selimut ini dapat menghangatkan tubuh dengan baik.

Selimut ini dilengkapi dengan kabel panjang dan steker yang perlu dicolokkan, jadi, hanya bisa digunakan ketika ada sumber listrik

“Ini memiliki pengaturan panas yang berbeda, pengatur waktu, dan hemat energi. Botol air panas saya tidak terlalu berlebihan, tetapi saya tidak akan merekomendasikan menggunakan keduanya secara bersamaan,” kata Gemma.

 

5 dari 5 halaman

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.