Sukses

Cegah Gangguan Penglihatan Akibat Lensa Kontak Menyeramkan di Malam Halloween

Banyak yang menggunakan lensa kontak menyeramkan untuk mendapatkan penampilan total.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai bagian dari kostum Halloween, banyak yang menggunakan lensa kontak menyeramkan untuk mendapatkan penampilan total. Namun oleh para pengamat kesehatan mata, hal ini harus diwanti-wanti dalam mencegah penggunaan yang salah untuk menghindari masalah pada mata.

Dilansir dari wearesouthdevon, saat ini semakin populer penggunaan lensa kontak, terutama saat Halloween. Sedangkan banyak yang tidak tahu cara memakai atau merawatnya yang dapat menyebabkan berbagai kondisi mata.

Kondisi mata tersebut diantaranya mata merah, infeksi dan goresan, serta komplikasi yang lebih serius yang dapat memicu gangguan penglihatan.

Menurut Giles Edmonds, direktur layanan klinis Specsavers, "Lensa kontak Halloween telah menjadi pilihan populer beberapa tahun terakhir. Namun, konsumen sering tidak menyadari risiko yang terkait dengan penyalahgunaan lensa kontak.

"Ini terutama jika pemakainya tidak memiliki konsultasi yang tepat dengan dokter mata sebelumnya, mereka mungkin belum diajari cara memakai atau merawat lensa mereka dengan benar."

"Hasilnya, ada yang mendapat komplikasi yang sedikit mengganggu, seperti penglihatan kabur dan konjungtivitis, hingga kondisi yang berpotensi mengancam penglihatan, seperti infeksi jamur, misalnya keratitis mikroba.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara mencegah iritasi saat menggunakan kontak lensa

Sementara itu, British Contact Lens Association (BCLA) melarang penjualan lensa kontak berwarna yang tidak mendapat izin edar di seluruh Inggris, untuk mengatasi peningkatan jumlah infeksi mata pada tahun ini.

Edmonds menambahkan, "Jika Anda mulai merasakan ketidaknyamanan, iritasi atau rasa sakit selama atau setelah memakai lensa kontak Halloween, penting bagi Anda untuk segera mengunjungi dokter mata Anda."

Penting juga untuk memastikan bahwa riasan apa pun dihapus dengan benar sebelum tidur untuk menghindari kecelakaan yang menakutkan.

Edmonds mengatakan bahwa jika Anda membiarkan riasan mata, terutama lensa kontak, eyeliner dan mascara, dan pergi tidur sambil memakainya, itu akan meningkatkan peluang Anda mendapatkan bakteri. Selain itu minyak menumpuk di sekitar mata atau bahkan bisa terjadi peradangan. Maka dari itu, selalu pastikan Anda telah menghapus riasan dengan teliti untuk mengurangi risiko infeksi sekaligus menjaga kebersihan mata.

3 dari 3 halaman

Infografis Tertib Protokol Kesehatan Covid-19, Lawan Hoaksnya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.