Sukses

Waspadai 4 Penyakit Mata yang dapat Sebabkan Hilang Penglihatan

Orang yang mengalami kehilangan penglihatan total seringkali awalnya mengalami gangguan penglihatan, yang kemudian berkembang menjadi kehilangan penglihatan total.

Liputan6.com, Jakarta Ada proses yang rumit untuk mendapat penglihatan normal. Pertama, cahaya memasuki mata melalui kornea dan lensa, dengan iris membantu memfokuskan gambar. Kemudian cahaya diproyeksikan ke dinding belakang mata hingga tersampaikan ke jutaan saraf kecil yang membentuk retina. Dari sini, retina menerjemahkan gambar menjadi impuls saraf yang ditransmisikan ke otak melalui saraf optik.

Jadi, ketika salah satu bagian mata ini rusak, baik karena sakit atau cedera, akan terjadi hal berikut:

- Lensa mungkin berawan, mengaburkan cahaya yang masuk ke mata.

- Bentuk mata dapat berubah, mengubah gambar yang diproyeksikan ke retina.

- Retina dapat menurun dan memburuk, mempengaruhi persepsi gambar.

- Saraf optik dapat menjadi rusak, mengganggu aliran informasi visual ke otak.

Lalu mengapa ada yang sampai kehilangan penglihatan total? Dilansir dari Everydayhealth, orang yang mengalami kehilangan penglihatan total seringkali awalnya mengalami gangguan penglihatan, yang kemudian berkembang menjadi kehilangan penglihatan total.

Kehilangan penglihatan bisa mempengaruhi satu atau kedua mata, dan tidak selalu menyebabkan kehilangan penglihatan total. Banyak orang yang dianggap disabilitas netra masih melihat beberapa cahaya atau bayangan, tetapi tidak dapat melihat sesuatu dengan jelas.

Dennis Thompson Jr yang menulis artikel ini yang ditinjau oleh Pat F. Bass III, MD, MPH (dokter penyakit dalam) menyebutkan adanya istilah tunanetra secara hukum, tidak berarti seseorang tersebut sama sekali tidak dapat melihat apa-apa. Melainkan penglihatan mereka sangat terganggu sehingga mereka membutuhkan banyak bantuan untuk memahami gambar.

Di AS, biasanya mendefinisikan tunanetra secara hukum ketika penglihatan sentral orang tersebut telah menurun menjadi 20/200, atau orang tersebut telah kehilangan penglihatan tepi sehingga ia melihat kurang dari 20 derajat di luar penglihatan sentral. Penglihatan normal adalah 20/20, dan orang biasanya dapat melihat hingga 90 derajat dengan penglihatan tepi mereka. Diperkirakan 1,1 juta orang di AS dianggap tunanetra secara hukum.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyebab Utama Kehilangan Penglihatan

Di AS, hampir semua kasus kehilangan penglihatan disebabkan oleh penyakit mata, dengan kurang dari 4 persen tunanetra disebabkan oleh cedera mata atau trauma. Sekitar 77 persen orang yang mengalami cedera mata sembuh total, sementara 11 persen lainnya mengalami gangguan penglihatan ringan.

Adapun beberapa penyakit mata berikut yang merupakan penyebab umum kehilangan penglihatan. Namun daftar ini juga tidak bisa dijadikan asumsi bahwa Anda akan kehilangan penglihatan jika memiliki salah satu dari kondisi ini, sebab beberapa diantaranya bisa diobati.

1. Katarak

Katarak terjadi ketika lensa mata yang biasanya jernih menjadi keruh. Hal ini menyebabkan penglihatan kabur, warna pudar, dan masalah melihat melalui sorotan sinar. Katarak adalah penyebab kehilangan penglihatan No.1 di dunia, dan lebih dari 22 juta orang AS menderita katarak pada satu atau kedua mata. Risiko seseorang terkena katarak meningkat seiring bertambahnya usia. Diantaranya, warga AS yang berusia 80 tahun, lebih dari separuh warga menderita katarak atau telah menjalani operasi katarak.

Penderita katarak dapat mengatasi penyakitnya pada awalnya melalui penggunaan kacamata khusus, lensa pembesar, dan pencahayaan yang lebih terang. Mereka yang menderita katarak lanjut dapat menjalani operasi untuk mengganti lensa alami yang keruh dengan lensa buatan.

2. Glaukoma

Glaukoma biasanya terjadi ketika tekanan cairan di dalam satu atau kedua mata perlahan mulai meningkat. Tekanan ini merusak saraf optik dan retina, menyebabkan penurunan penglihatan tepi secara bertahap. Para ahli memperkirakan bahwa sekitar 2,3 juta orang di AS telah didiagnosis menderita glaukoma, sementara 2 juta lainnya menderita glaukoma tetapi tidak menyadari penglihatan mereka yang memburuk.

Kehilangan penglihatan karena glaukoma tidak dapat dipulihkan, tetapi penyakit ini dapat dikelola melalui penggunaan obat tetes mata atau pembedahan. Penting untuk melakukan pemeriksaan mata secara teratur agar Anda dapat terkena glaukoma sejak dini, karena pengobatan dapat menyelamatkan penglihatan Anda.

 

3 dari 4 halaman

3. Degenerasi Makula

Degenerasi makula melibatkan kerusakan bertahap makula, atau ujung saraf di retina yang sangat penting untuk penglihatan sentral yang tajam. Orang dengan kondisi ini berurusan dengan pengaburan dan bintik-bintik buta di penglihatan sentral mereka. Ini adalah penyebab paling umum kebutaan pada manula, mempengaruhi lebih dari 10 juta warga AS.

Tidak ada obat untuk degenerasi makula, tetapi perawatan tersedia untuk memperlambat perkembangannya. Diantaranya terapi kombinasi vitamin, operasi laser, terapi fotodinamik, dan obat-obatan khusus yang disuntikkan ke mata.

4. Retinopati Diabetik

Retinopati diabetik terjadi ketika kerusakan sistemik yang disebabkan oleh diabetes mulai mempengaruhi retina. Secara khusus, pembuluh darah yang memberi nutrisi pada retina dapat terpengaruh secara negatif oleh diabetes, menyebabkan kehilangan penglihatan melalui pendarahan dan kerusakan pada retina. Lebih dari setengah dari 18 juta warga AS yang menderita diabetes dipengaruhi oleh retinopati diabetik sampai batas tertentu.

Perawatan terbaik untuk retinopati diabetik adalah pengendalian diabetes secara ketat. Jika penyakitnya semakin parah, pasien dapat menjalani operasi mata untuk melindungi penglihatannya.

4 dari 4 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.