Sukses

Dark Chocolate Turunkan Risiko Gangguan Pendengaran? Ini Kata Dokter

Beberapa makanan dipercaya dapat menurunkan risiko gangguan pendengaran, terutama yang mengandung vitamin dan mineral.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa makanan dipercaya dapat menurunkan risiko gangguan pendengaran, terutama yang mengandung vitamin dan mineral.

Menurut dr. Vika Damay dari Klikdokter, beberapa jenis makanan memang dapat mencegah terjadinya gangguan pendengaran karena baik untuk kesehatan telinga.

Salah satu makanan yang dapat mencegah hilangnya fungsi pendengaran menurut Vika adalah dark chocolate.

“Seiring dengan bertambahnya usia, telinga bagian dalam akan lebih rentan kehilangan fungsinya. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah hal ini terjadi adalah dengan mengonsumsi cokelat hitam atau dark chocolate,” kata Vika mengutip Klikdokter, Jumat (17/9/2021).

Makanan untuk membantu pendengaran yang satu ini kaya akan zinc. Kandungan inilah yang membantu mencegah kehilangan pendengaran akibat usia dan memperbaiki kehilangan pendengaran akibat suara bising, tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alpukat

Selain cokelat hitam, makanan lain yang baik untuk fungsi pendengaran adalah alpukat.

Alpukat mengandung magnesium seperti layaknya dark chocolate. Selain mencegah, alpukat juga sebagai makanan untuk memperbaiki pendengaran yang terganggu akibat suara bising.

“Kesehatan telinga dimulai dengan pola makan sehat dan seimbang. Konsumsilah beberapa jenis makanan yang baik untuk pendengaran di atas agar tidak hanya menghilangkan gangguan pendengaran, tetapi mencegah terjadinya kondisi tersebut.”

Makanan untuk pendengaran yang telah disebutkan di atas cukup sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

“Jadi, mulailah untuk menjaga kesehatan telinga Anda sejak dini. Selain itu, bila Anda memiliki keluhan pendengaran, segera konsultasikan ke dokter.”

3 dari 4 halaman

4 Kandungan Makanan yang Baik untuk Pendengaran

Vika juga menyebutkan 4 kandungan makanan yang baik untuk pendengaran. Keempat kandungan tersebut adalah kalium, magnesium, asam folat, dan zinc.

Kalium

Salah satu kandungan penting pada makanan untuk memperbaiki pendengaran adalah kalium. Tugasnya adalah mengkonversi suara menjadi sinyal yang dapat diinterpretasi oleh otak.

Magnesium

Magnesium dipercaya dapat mengatasi radikal bebas yang timbul dalam tubuh ketika terdapat suara berisik. Magnesium bekerja dengan membentuk pelindung untuk sel-sel telinga bagian dalam dan melebarkan pembuluh darah.

Asam Folat

Asam folat bekerja dengan mendukung metabolisme homosistein dan menjaga agar aliran darah pada organ pendengaran tetap lancar.

Zinc

Terakhir, kandungan yang sebaiknya dimiliki oleh makanan untuk memperkuat pendengaran adalah zinc. Kandungan ini bermanfaat untuk penyembuhan sel yang mengalami kerusakan akibat infeksi.

“Sudah paham, kan bahwa pada kenyataannya makanan sehat tidak melulu makanan yang kurang enak dikonsumsi. Anda tetap bisa makan makanan yang enak untuk menjaga kesehatan telinga Anda, lho,” pungkasnya.

4 dari 4 halaman

Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.