Sukses

Kian Populer, Terapi Alpaca untuk Penyandang Disabilitas dan Gangguan Mental di Skotlandia

Sebuah peternakan di Leven, Fife, kawanan alpaca digunakan untuk membantu orang-orang dari segala usia dengan berbagai disabilitas dan masalah kesehatan mental.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda mendengar tentang terapi alpaca? Claireville Alpacas menjelaskan tentang efek terapeutik yang dimiliki hewan berbulu khas Amerika Selatan ini.

Dilansir dari BBC, sebuah peternakan di Leven, Fife, Skotlandia menggunakan alpaca digunakan untuk membantu orang-orang dari segala usia dengan berbagai disabilitas dan masalah kesehatan mental.

Claire Blyth, dari Claireville Alpacas, memaparkan efek terapeutik yang dimiliki hewan berbulu asal Amerika Selatan ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak sengaja

"Terapinya (Alpaca Therapy) awalnya tidak disengaja. Dulu rencananya saya ingin mengurusi tunawisma karena saya tahu efek terapeutik dari para hewan dan bagaimana mereka bisa membantu orang-orang tunawisma dan sebagainya. Tapi ketika sudah mulai mengenalkannya pada anak-anak dan para dewasa, saya pikir harus termasuk mereka yang memiliki autisme dan ADHD. Itulah kira-kira bagaimana awal mulanya," kata Claire.

Salah seorang warga, Jessie tampak bahagia saat memberi makan Bambi yang awalnya enggan untuk makan namun tak lama ia makan dengan lahap.

 

3 dari 4 halaman

Anak 2 tahun

Adapun salah satu pengunjung yang paling rutin yaitu seorang anak berusia dua tahun bernama Grayson. Ayahnya merasa sangat bahagia setiap kali melihat putranya tersebut bahagia bersama para alpaca.

"Mendatangi ladang para alpaca membuat banyak perubahan, sebab Grayson sangat suka bermain dengan para hewan daripada berinteraksi dengan anak-anak lainnya. Itu juga mengangkat sisi bahagianya dan saat saya melihatnya bahagia, itu juga membuat saya bahagia," kata Macaulay Hutchison, ayah Grayson.

"Manusia bisa berharap dan ingin sesuatu dari Anda yang tidak bisa Anda berikan. Tapi hewan hanya ingin apa yang Anda bisa berikan pada mereka, cinta dan kasih sayang," kata Claire.

4 dari 4 halaman

Infografis Yuk Perhatikan Cara Cuci Tangan yang Benar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.