Sukses

Dinsos Jabar Klaim 6 Ribu Disabilitas Sudah Divaksin COVID-19

Dinas Sosial Jawa Barat mengklaim telah memberikan vaksinasi COVID-19 kepada 6 ribu disabilitas. Jumah itu data per Agustus 2021.

Liputan6.com, Bandung Dinas Sosial Jawa Barat mengklaim telah memberikan vaksinasi COVID-19 kepada 6 ribu disabilitas. Jumah itu data per Agustus 2021.

Menurut Kepala Dinas Sosial Jawa Barat Dodo Suhendar, target sasaran vaksinasi COVID-19 mencapai 121.648 disabilitas. Jika penyandang disabilitas belum terdaftar, mereka dapat menghubungi Dinas Sosial Kabupaten dan Kota.

"Cara mendaftar dilakukan dengan menghubungi Dinas Sosial Kabupaten/Kota maupun puskesmas terdekat," ujar Dodo ditulis Bandung, Rabu, 25 Agustus 2021.

Dodo menerangkan kelompok disabilitas termasuk kelompok rawan terpapar COVID-19. Oleh karena itu, vaksinasi COVID-19 bagi penyandang disabilitas terus dilakukan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menambah tempat vaksin

Guna mempercepat vaksinasi COVID-19 bagi penyandang disabilitas kata Dodo, otoritasnya terus berkoordinasi dengan Satgas Penanganan COVID-19 Jawa Barat dan pemerintah kabupaten dan kota di Jawa Barat.

"Dinas kesehatan kabupaten dan kota di Jawa Barat juga menambah tempat penyuntikan vaksin COVID-19 bagi penyandang disabilitas, baik di SLB-SLB maupun puskesmas," kata Dodo.

Harapannya dengan adanya vaksinasi bagi disabilitas, dapat mencegah penyebaran COVID-19 dan melindungi penyandang disabilitas dari COVID-19.

 

3 dari 4 halaman

Tetap protokol kesehatan

Raihan lainnya agar penyandang disabilitas dapat bekerja dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi penyandang disabilitas dilakukan dengan memperhatikan jenis kedisabilitasan dan dapat divaksin di sentra vaksin yang ada di Jawa Barat serta fasilitas kesehatan masyarakat," ucap Dodo.

Dalam seluruh pelaksanaan vaksininasi, disabilitas harus membawa pendamping. Tak hanya disabilitas, para pendamping pun diperbolehkan mengikuti vaksinasi COVID-19. (Arie Nugraha)

4 dari 4 halaman

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.