Sukses

Dokter: Semakin Dini Gangguan Pendengaran Terjadi, Maka Dampaknya Semakin Serius

Gangguan pendengaran dapat memengaruhi kehidupan anak di masa depan. Maka dari itu, deteksi dini pendengaran anak sangat diperlukan untuk antisipasi.

Liputan6.com, Jakarta Gangguan pendengaran dapat memengaruhi kehidupan anak di masa depan. Maka dari itu, deteksi dini pendengaran anak sangat diperlukan untuk antisipasi.

Selain antisipasi, jika anak benar-benar mengalami gangguan pendengaran maka penanganan yang tepat dapat segera dilakukan.

Seperti disampaikan content creator Ruang Mendengar, dr. Witha Novialy. Menurutnya, pendengaran memiliki peranan yang sangat penting untuk perkembangan bicara, bahasa, komunikasi, dan pembelajaran.

“Semakin dini gangguan pendengaran tersebut terjadi pada anak, semakin serius juga dampaknya untuk perkembangan lainnya,” tulis Witha mengutip unggahan di Instagram @ruangmendengar, Senin (23/8/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dampak Gangguan Pendengaran

Witha juga menyebutkan dampak gangguan pendengaran pada anak jika terlambat dideteksi.

Dampak tersebut yakni:

-Lambatnya perkembangan bicara dan bahasa menyebabkan masalah belajar dan berakibat pada prestasi akademik.

-Kesulitan berkomunikasi dapat menyebabkan isolasi sosial dan rasa kurang percaya diri.

3 dari 4 halaman

Kunci Utama Perkembangan

Pendengaran merupakan kunci utama perkembangan bicara dan bahasa, lanjut Witha. Anak dengan gangguan pendengaran akan memiliki perkembangan kosakata yang jauh berbeda dibandingkan anak-anak seusianya.

“Oleh karena itu anak-anak dengan gangguan pendengaran cenderung membentuk kalimat pendek ketika berkomunikasi.”

Anak-anak dengan gangguan pendengaran juga seringkali mengalami kesulitan untuk mendengar bunyi tertentu seperti "s", "sh", "f", "t", dan "k" sehingga ketika berbicara pun akan mengalami kesulitan untuk mengucapkan bunyi tersebut.

Berbagai dampak tersebut tentunya akan mempengaruhi perkembangan belajar dan sosial anak-anak.

“Nah karena dampaknya banyak banget untuk perkembangan lainnya, jadi penting banget untuk melakukan skrining pendengaran sedini mungkin.”

“Semakin dini diketahui adanya gangguan pendengaran dan semakin dini intervensi yang dilakukan, maka dampaknya pun akan semakin minimal,” pungkasnya.

4 dari 4 halaman

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.