Sukses

Sekelompok Ahli Mengenalkan Pengobatan untuk Mencegah Amputasi pada Pasien Arteri Perifer

Sekelompok ahli medis memperkenalkan Modern Vascular, grup medis perintis yang terdiri dari Ahli Radiologi Intervensi dan Ahli Bedah Vaskular yang merawat pasien dengan Penyakit Arteri Perifer.

Liputan6.com, Jakarta Sekelompok ahli medis memperkenalkan Modern Vascular, grup medis perintis yang terdiri dari Ahli Radiologi Intervensi dan Ahli Bedah Vaskular yang merawat pasien disabilitas dengan Penyakit Arteri Perifer (PAD).

Dilansir dari GrenadaNewsToday, Modern Vascular menggunakan pengobatan PAD dan pada tanggal 5 Agustus kemarin mengumumkan perluasan grup klinik nasionalnya ke Overland Park, Kansas-- lokasinya yang ke-16. 

Modern Vascular akan mengadakan Open House bersama para dokternya pada Kamis, 12 Agustus, dari pukul 3-6 sore waktu setempat. Kemudian pada tanggal 16 Agustus mulai menerima arahan dan mulai prosedur pasien pada tanggal 23 Agustus.

Menurut Amputee Coalition, PAD mempengaruhi sekitar 8-12 juta orang Amerika. Warga lanjut usia atau mereka yang memiliki riwayat diabetes, merokok, obesitas, tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi mungkin berisiko lebih tinggi untuk PAD. Selain itu, tingkat amputasi ekstremitas bawah karena PAD tinggi, seperti tingkat kematian setelah amputasi, memengaruhi hampir 50% setelah satu tahun, 90% dalam 5 tahun. Di Kansas, amputasi ekstremitas bawah meningkat lebih dari 17 persen dari 1997 hingga 2013, tahun terakhir di mana data tersedia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

90% dari amputasi terkait PAD ini dapat dicegah

Statistik nasional menunjukkan peningkatan signifikan dalam amputasi pada tahun 2020 karena penundaan pengobatan selama COVID-19. Seperti dikutip dalam sebuah artikel di Endovascular Today, hingga 90% dari amputasi terkait PAD ini dapat dicegah dengan intervensi yang tepat. Statistik ini sangat penting karena September adalah Bulan Kesadaran PAD (PAD Awareness Month).

Dokter pengelola di klinik Modern Vascular's Overland Park adalah Dr. Juan Carlos Correa , seorang ahli bedah vaskular dengan keahlian luas dalam mengobati penyakit arteri kompleks. Ia sudah lama menjadi ahli bedah vaskular di Kansas City. Ia menyelesaikan pelatihan fellowship umum dan bedah di Saint Louis University.

Selain itu, Dr. Correa menguasai dua bahasa, fasih berbahasa Inggris dan Spanyol, dan tetap aktif mengajar di Menorah Medical Center di Overland Park, dan University of Missouri Kansas City.

Setelah membangun praktik yang sukses sebagai ahli bedah vaskular, Dr. Correa telah melakukan transisi ke pengobatan rawat jalan PAD melalui teknik endovaskular yang lebih baru sebagai cara untuk mencegah amputasi yang tidak perlu. Ia juga merasa senang karena akhirnya bisa membawa layanan rawat jalan yang sangat dibutuhkan ini ke wilayah Kansas City, katanya.

"Saya harap bisa menyembuhkan luka dan menyelamatkan kaki serta memberikan harapan baru kepada pasien. Mampu melakukan ini melalui pengaturan rawat jalan yang efisien dan aman, seperti yang kami lakukan di Modern Vascular, akan membawa dampak positif yang sangat besar bagi masyarakat,” ujar Dr. Correa, dikutip dari GrenadaNewsToday.

Podiatris, yang juga penting untuk perawatan pasien dengan PAD, menyambut Modern Vascular ke komunitas medis Kansas City. Dr. Jeffrey Roith , DPM, dari Kansas City Institute of Podiatry, mengatakan, "Saya senang memiliki Dr. Correa bergabung dengan Modern Vascular karena ia adalah pemimpin dalam revaskularisasi ekstremitas bawah dan akan dapat memberikan layanan yang sangat dibutuhkan yang saat ini hilang di kansas City."

 

3 dari 4 halaman

Tujuan Modern Vascular

Tujuan Modern Vascular difokuskan untuk menyelamatkan anggota tubuh dan nyawa, mengembalikan pasien ke rumah dan keluarga mereka, pada hari yang sama dengan kesehatan yang lebih baik. Misi perusahaan adalah untuk memberantas amputasi kaki yang tidak perlu di masyarakat umum dan khususnya di antara masyarakat yang kurang beruntung dan kurang terlayani. Sebab menurut Dr. Correa, ada lebih dari 90% amputasi terkait PAD dapat dicegah.

Semua klinik Modern Vascular memiliki protokol perlindungan COVID-19 yang ketat, termasuk pembersihan yang ditingkatkan dan pemeriksaan kesehatan karyawan/pasien yang konsisten dengan pedoman CDC saat ini. Info lebih lanjut, silahkan buka ModernVascular.com.

Adapun tentang Modern Vascular, merupakan sekelompok perusahaan perawatan kesehatan yang berkantor pusat di Phoenix, AZ. Klinik ini mengkhususkan diri dalam pengobatan penyakit arteri perifer (PAD) melalui rekonstruksi arteri endovaskular di bawah lutut dan di bawah pergelangan kaki dan pedal.

Sebagian besar pasien melaporkan berkurangnya rasa sakit, penyembuhan luka yang cepat, dan kualitas hidup yang lebih baik setelah menjalani prosedur. Sehingga prosedurnya juga merupakan langkah penting dalam menghindari amputasi tungkai di masa depan dan memperpanjang harapan hidup pada pasien diabetes, kardiovaskular, dan penyakit arteri perifer. Modern Vascular sekarang mengoperasikan dan mengelola enam belas klinik yang tersebar di AS.

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.