Sukses

Penulis Buku Asal Mesir Menulis Buku Resep untuk Tunanetra

Di Mesir, buku bukan hanya bisa diakses non disabilitas, karena tersedia buku masak yang dapat diakses tunanetra.

Liputan6.com, Jakarta Di Mesir, buku bukan hanya bisa diakses non disabilitas, karena tersedia buku masak yang dapat diakses tunanetra.

Dilansir dari The National News, Buku 'Gowa El7alla', ditulis dalam huruf braille, berisi resep dan instruksi yang hanya berfokus pada empat indera utama tunanetra, yaitu sentuhan, penciuman, pendengaran, dan rasa.

 

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

tunanetra mandiri

Jadi, warga Mesir dengan gangguan penglihatan serta tunanetra sekalipun bisa mengakses buku resep masak tersebut.

"Yang penting tujuan dari buku ini yaitu memberikan kesempatan bagi setiap pria dan wanita dengan gangguan penglihatan untuk memasuki dapur dan mulai mandiri. Dengan demikian, mereka bisa mempersiapkan resep masak sendiri dengan diri mereka sendiri tanpa perlu meminta bantuan keluarga mereka," kata Eman El Husseini dalam video dari The National News.

 

3 dari 4 halaman

Instruksi khusus

Dengan demikian pula, mereka bisa memiliki kesempatan untuk memulai kehidupan berkeluarga maupun membentuk rumah tangga dan menjalankan tugasnya

Pada buku terdapat resep Arab dan instruksi khusus dengan memfokuskan pada indra sentuhan, penciuman, pendengaran, dan perasa. Misalnya, daripada melihat air mendidih di panci, pengguna diminta untuk menunggu dan mendengar suara gelembung mendidih.

4 dari 4 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.