Demi Bisa Jalan di Hari Pernikahan, Penyandang Cerebral Palsy di Inggris Sewa Pelatih Pribadi

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 18 Jul 2021, 09:00 WIB
Diperbarui 18 Jul 2021, 09:00 WIB
Cincin Pernikahan
Perbesar
Ilustrasi/copyright pixabay.com/StockSnap

Liputan6.com, Jakarta Cerebral palsy tidak menghalangi niat seorang wanita di Inggris untuk tampil sempurna di hari pernikahannya. Ia bahkan menyewa pelatih untuk dapat berjalan 10 meter mendatangi sang mempelai pria.

Wanita bernama Alaina itu selama ini bergantung pada kursi roda hampir sepanjang hidupnya. Namun, beberapa waktu lalu, dengan bangga ia mendatangi tunangannya untuk mengucapkan "saya bersedia" saat mereka menikah.

Dilansir dari Mirror, Sabtu (17/7/2021), pernikahan itu diadakan di Bristol Zoo, di mana ia dan Phillip Coffee, suaminya, melakukan kencan pertama mereka usai bertemu di internet.

Alaina sudah mengalami cerebral palsy sejak dirinya lahir. Kondisi itu membuat gerakannya terbatas. "Saya memiliki kaki yang tidak seimbang dan tidak lurus," ujarnya.

"Di sekolah dasar saya bisa jalan sendiri. Namun di sekolah menengah, saya tidak diizinkan karena masalah kesehatan dan keselamatan," kata wanita 29 tahun itu.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Termotivasi Usai Bertunangan

Hingga lulus sekolah dan universitas, Alaina pun harus menggantungkan kesehariannya dengan kursi roda. Namun ia selalu punya mimpi untuk bisa berjalan lagi.

Saat bertemu dengan Phillip, Alaina kembali memiliki motivasi untuk dapat berjalan lagi. Awalnya, ia mengira pertemuannya dengan pria 29 tahun itu akan terasa canggung mengingat sang suami memiliki fisik yang normal.

"Jadi saya tidak mengharapkan dia akan memilih untuk bersama seseorang yang butuh perawatan 24 jam," kata Alaina.

Namun ketika mereka bertunangan tahun 2018, motivasi untuk bisa berjalan sendiri saat pernikahan mereka kembali muncul di benak Alaina. Dia lalu menyewa pelatih pribadi untuk berlatih tiga kali dalam sepekan.

"Saya juga mengikuti pendidikan konduktif, suatu bentuk fisio yang membantu orang-orang dengan cerebral palsy untuk mendapatkan lebih banyak kemandirian dalam kehidupan sehari-hari mereka," katanya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tak Biarkan Cerebral Palsy Menghalangi

Untuk melatih tubuh bagian tengahnya, Alaina bahkan latihan tinju yang dilakukannya sambil berlutut.

Meski sempat dua kali tertunda karena pandemi, pasangan asal Cardiff ini pun akhirnya melangsungkan pernikahan mereka. Keduanya pun berbulan madu di Lake District.

Phillip pun memuji apa yang dilakukan Alaina untuk bisa berjalan 10 meter di hari pernikahan mereka. "Dia tampak cantik dan sangat menggemaskan dan semua pujian untuknya saat dia berhasil berjalan menyusuri lorong. Dia hebat.".

"Dia bertekad untuk tidak membiarkan apa pun soal cerebral palsy menghalangi jalannya," kata Phillip.

Phillip juga mengatakan bahwa keluarganya pun mencintai Alaina. Menurutnya, mereka memperlakukan sang istri seperti orang dewasa.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Ingin Sebarkan Inspirasi

Kondisi fisik Alaina juga tidak menghentikannya untuk lulus dari University of Wales dan membuka usaha desain seninya sendiri di Banfield Designs.

Selama lockdown baru-baru ini, Alaina membuat akun media sosial TikTok. Di sana, dia ingin menginspirasi penyandang disabilitas lainnya agar tidak terhalangi oleh kondisi mereka.

"Saya telah memulai bisnis saya sendiri dengan lukisan saya sendiri yang dibuat menggunakan penunjuk kepala saya karena saya tidak dapat menggunakan tangan," katanya.

"Menjadi disabilitas seharusnya tidak menghentikan Anda melakukan apa pun, dan sekarang saya telah berjalan menyusuri lorong untuk pernikahan saya."

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis 4 Zodiak Mudah Jatuh Cinta dengan Sahabat

Infografis 4 Zodiak Mudah Jatuh Cinta dengan Sahabat
Perbesar
Infografis 4 Zodiak Mudah Jatuh Cinta dengan Sahabat. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya