Sukses

Rekomendasi 3 Model Alat Bantu Dengar agar Penggunanya Tak Tampak Lebih Tua

Orang dengan gangguan pendengaran atau hard of hearing (HoH) perlu menggunakan alat bantu dengar (ABD) agar sisa-sisa pendengarannya dapat bekerja lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta Orang dengan gangguan pendengaran atau hard of hearing (HoH) perlu menggunakan alat bantu dengar (ABD) agar sisa-sisa pendengarannya dapat bekerja lebih baik.

Menurut Content Writer dari Komunitas Ruang Mendengar, dr. Witha Novialy, setidaknya ada 3 model alat bantu dengar yang bisa digunakan oleh orang dengan gangguan pendengaran.

Selain membantu pendengaran, ketiga model ini juga terlihat lebih modern sehingga penggunanya tidak tampak lebih tua. Ketiga model tersebut adalah receiver in canal (RIC), completely in canal (CIC), dan invisible in canal (IIC).

Model RIC memiliki model lebih kecil, casing lebih tipis dan bisa menyesuaikan dengan warna kulit dan receiver yang dimasukkan ke saluran telinga. Model ini digunakan untuk gangguan dengar ringan sampai berat.

Model CIC memiliki bodi yang kecil, disesuaikan dengan ukuran liang telinga dan hampir sepenuhnya masuk ke dalam saluran telinga. Model ini digunakan untuk gangguan dengar ringan sampai sedang.

Model IIC memiliki bodi yang sangat kecil, disesuaikan dengan ukuran liang telinga, dan seluruhnya masuk ke dalam saluran telinga. Model ini digunakan untuk gangguan dengar ringan sampai sedang.

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mitos Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar ternyata memiliki stigma atau mitos tersendiri di kalangan masyarakat. Salah satu mitos tersebut adalah alat bantu dengar membuat penampilan penggunanya terlihat lebih tua.

Beberapa orang dengan gangguan pendengaran khawatir dengan menggunakan alat bantu dengar akan tampak lebih tua.

“Mitos, alat bantu dengar kini hadir dengan bentuk dan ukuran berbeda. Beberapa model yang tidak mudah terlihat yaitu model RIC, CIC, dan IIC,” tulis Witha dalam unggahan Instagram @ruangmendengar, dikutip Sabtu (17/7/2021).

3 dari 4 halaman

Perlu Konsultasi

Walau ketiga model tersebut telah tersedia, tapi pemilihan alat bantu dengar harus dilakukan dengan hati-hati dan perlu konsultasi terlebih dahulu dengan ahli.

“Meskipun ada beberapa pilihan yang bisa teman-teman pilih agar tidak terlihat tua, tetap konsultasikan dulu ya sebelum memilih alat bantu dengar,” tutup Witha.

 

4 dari 4 halaman

Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.