Sukses

Keren, BTS Rilis Video Klip Permission To Dance Pakai Bahasa Isyarat

Single terbaru superstar K-pop, BTS yang berjudul "Permission to Dance" menggunakan koreografi dengan bahasa isyarat

Liputan6.com, Jakarta Single terbaru superstar K-pop, BTS yang berjudul "Permission to Dance" menggunakan koreografi dengan bahasa isyarat yang langsung dipuji penggemarnya atas inklusivitas yang idol mereka gaungkan.

Dilansir dari SCMP, single tersebut dirilis pada hari Jumat sebagai side track B dari May's Butter. Lagu "Permission to Dance" ini menjadi lagu dalam bahasa Inggris ketiga mereka dan untuk merayakan ulang tahun fandom mereka, Army. Lagu ini ditulis bersama Ed Sheeran. Tak sebatas itu, koreografinya juga menjadi perhatian karena menyiratkan inklusivitas.

Rilisnya video musik (MV) Permission to Dance ini bermakna membangkitkan gairah sekaligus memperlihatkan masa depan yang cerah ketika kita semua bisa menari dan melepas masker kita di dunia pasca pandemi. Lagu tersebut juga dapat dengan mudah dipahami pesan yang disebarkan, yaitu bahwa Anda tidak perlu izin untuk menari sepuasnya, didedikasikan untuk siapa saja yang mengalami hari buruk atau putus asa dalam menghadapi kenyataan.

 

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keterlibatan Ed Sheeran dan Elton John

Hal tersebut dipertunjukkan dalam penampilan tujuh anggota BTS yang penuh semangat menyanyikan lirik berdasarkan optimisme dan menari mengikuti irama Anda sendiri tanpa izin siapa pun. Secara musikal, Permission to Dance terdengar kasar dan penuh dengan instrumen string yang ceria, serta terdengar ringan sekaligus menghibur dan langsung menempel di telinga.

Ditambah, dua ikon musik Inggris populer, Ed Sheeran dan Elton John turut berperan dalam lagu ini. Ed Sheeran ikut menulis lagu tersebut, sementara Elton John memiliki bagian di awal liriknya.

Koreografi video musik ini menggabungkan Bahasa Isyarat Amerika (ASL) dalam beberapa gerakannya, dengan anggota memeragakan kata-kata yang terdapat pada lirik, seperti "menari", "berbicara", dan "berjalan". Hal ini tentu tak lepas dari pandangan publik dan lagi-lagi memuji inklusivitas yang digemakan grup ini.

Bahasa isyarat kini sering digunakan untuk menginterpretasikan lagu untuk penggemar musik yang memiliki gangguan pendengaran, dan beberapa lagu BTS telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa isyarat untuk dinikmati oleh para penggemar.

 

3 dari 4 halaman

single berbahasa Inggris ketiga BTS

Permission to Dance adalah single berbahasa Inggris ketiga BTS setelah perilisan Butter dan Dynamite, yang semuanya menjadi lagu hit yang sampai dinominasikan Grammy tahun lalu. Kedua lagu tersebut membuat sejarah beberapa kali lipat untuk BTS. Pada minggu ini, Butter telah menduduki puncak peringkat Hot 100 di tangga lagu Billboard AS selama enam minggu berturut-turut.

Perilisan single baru ini mendahului album BTS yang akan datang, yang akan dirilis akhir musim panas ini.

4 dari 4 halaman

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.