Sukses

ESPN Beri Penghargaan pada Atlet Down Syndrome

Seorang atlet triatlon yang menjadi Ironman pertama dengan Down Syndrome akan menerima penghargaan bergengsi dari ESPN di televisi nasional.

Liputan6.com, Jakarta Seorang atlet triatlon yang menjadi Ironman pertama dengan Down Syndrome akan menerima penghargaan bergengsi dari ESPN di televisi nasional.

Dilansir dari Disabilityscoop, ESPN menyatakan akan menganugerahi Chris Nikic dengan Jimmy V Award for Perseverance atau kategori ketekunan, yang akan diberikan pada bulan Juli 2021. Penghargaan ini diberikan setiap tahun kepada anggota dunia olahraga yang layak yang telah mengatasi rintangan besar melalui ketekunan dan tekad.

 

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rekor baru

Nikic telah mencapai rekor baru pada November lalu, yaitu ia menyelesaikan renang 2,4 mil (sekitar hampir 4 km), bersepeda 112 mil (sekitar 180 km), dan lari maraton 26,2 mil (sekitar 42 km) untuk menyelesaikan kompetisi Ironman Florida di Pantai Panama City, Florida.

“Wow, suatu kehormatan menerima Jimmy V Award untuk kategori Perseverance dan termasuk dalam kelompok orang yang luar biasa. Sebagai duta Olimpiade Khusus, saya mewakili jutaan atlet di seluruh dunia yang sekarang dapat percaya bahwa inklusi itu nyata bagi mereka semua. Terima kasih untuk saya, tetapi yang lebih penting untuk komunitas Down syndrome dan sesama atlet Olimpiade Khusus saya," kata Nikic.

 

3 dari 4 halaman

Atlet dengan disabilitas terbaik

Selain Jimmy V Award for Perseverance, Nikic juga dinominasikan dalam kategori Best Athlete with a Disability, Men's Sports. Kedua penghargaan akan diberikan pada ESPYS 2021, yang akan disiarkan langsung 10 Juli pukul 8 malam ET di ABC.

“Kisah Chris yang unik dan inspiratif melambangkan Jimmy V Award for Ketekunan. Kami merasa terhormat untuk memberinya penghargaan ini dan berharap untuk melihat apa yang dia capai selanjutnya,” kata Rob King, wakil presiden senior dan editor konten di ESPN.

Penerima Jimmy V Award for Perseverance sebelumnya yaitu mantan quarterback NFL Jim Kelly, reporter olahraga Craig Sager dan Dick dan Rick Hoyt. Keluarga Hoyt menyelesaikan lebih dari 1.000 balapan dengan Dick Hoyt mendorong kursi roda untuk putranya, Rick Hoyt, yang menderita cerebral palsy.

4 dari 4 halaman

Infografis Patuh PPKM Darurat Pangkal Selamat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.