Sukses

Kenali Gejala Rheumatoid Arthritis untuk Hindari Disabilitas Fisik

Rheumatoid arthritis merupakan penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan pada sendi. Menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD. dari Klikdokter, bagian tubuh yang paling sering terkena adalah tangan, pergelangan tangan, kaki, dan lutut.

Liputan6.com, Jakarta Rheumatoid arthritis merupakan penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan pada sendi. Menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD. dari Klikdokter, bagian tubuh yang paling sering terkena adalah tangan, pergelangan tangan, kaki, dan lutut.

Penyakit ini terbilang sulit untuk didiagnosis di tahap awal karena tanda dan gejalanya mirip dengan penyakit-penyakit lain. Untuk mengkonfirmasi diagnosis, tidak cukup jika hanya dilakukan satu kali tes darah atau cek fisik saja.

“Pada tahap awal, seorang yang memiliki rheumatoid arthritis mungkin tidak memperlihatkan gejala yang khas, tetapi biasanya sudah ada keluhan nyeri sendi meski dirasa belum terlalu mengganggu,” kata Alvin mengutip Klikdokter, Senin (21/6/2021).

Salah satu penyebab disabilitas fisik ini biasanya muncul secara perlahan, tapi dalam beberapa minggu hingga beberapa bulan keluhan yang muncul akan semakin mengganggu. Sebab, akan semakin banyak sendi yang mengalami peradangan, kata Alvin

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gejala Rheumatoid Arthritis

Alvin menambahkan, gejala rheumatoid artritis perlu diketahui karena berisiko menghambat aktivitas. Berikut ini adalah gejala yang akan muncul pada tahap awal ketika seseorang mengalaminya.

Nyeri Sendi

Nyeri sendi yang berhubungan dengan rheumatoid artritis adalah rasa sakit yang berdenyut dan sering dirasakan lebih buruk di pagi hari atau setelah aktivitas terhenti. Rasa nyeri biasanya muncul di tangan, kaki dan kedua lutut.

Kekakuan Sendi

Sendi yang terkena rheumatoid arthritis bisa terasa kaku. Pada orang yang menderita penyakit ini akan kesulitan mengepalkan atau membengkokkan jari sepenuhnya.

Seperti nyeri sendi, kekakuan sering kali lebih parah di pagi hari atau setelah penderita berhenti beraktivitas. Kondisi ini bisa berlangsung lebih lama dari 30 menit.

3 dari 4 halaman

Pembengkakan

Penyakit rheumatoid artritis adalah penyakit autoimun, oleh karena itu rentan menyebabkan kerusakan pada sendi. Lapisan sendi yang terkena rheumatoid arthritis akan meradang, sehingga dapat menyebabkan sendi membengkak dan menjadi panas.

Pada bagian sendi yang bengkak, jaringan kapsul yang melapisi sendi atau disebut sinovium dan tulang lunak yang melapisi sendi akan mengalami kerusakan.

Peradangan dari jaringan sinovium yang berlebihan akan membengkak, yang dalam dunia medis disebut dengan pannus. Selain itu, kondisi ini juga disertai penghancuran tulang rawan, tulang, tendon, ligamen, dan pembuluh darah.

4 dari 4 halaman

Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.