Sukses

Studi Menunjukkan Sebagian Besar Anak Autisme Sukses

Dalam sebuah penelitian yang mengamati 272 anak-anak dengan spektrum autisme (ASD) dalam rentang usia 2-10 tahun, para peneliti menemukan bahwa 80% memperoleh kesuksesan setidaknya di satu bidang.

Liputan6.com, Jakarta Dalam sebuah penelitian yang mengamati 272 anak-anak dengan spektrum autisme (ASD) dalam rentang usia 2-10 tahun, para peneliti menemukan bahwa 80% memperoleh kesuksesan setidaknya di satu bidang. Studi ini dipublikasikan baru-baru ini di jurnal JAMA Open.

Dilansir dari DisabilityScoop, studi tersebut menilai pertumbuhan dan kemampuan anak-anak dalam lima domain, yaitu komunikasi, sosialisasi, kegiatan hidup sehari-hari, internalisasi dan eksternalisasi. Hebatnya, 23% anak-anak melakukannya dengan baik di empat atau semua lima area yang diamati oleh para peneliti pada usia 10 tahun.

“Sangat menggembirakan untuk mengetahui bahwa sebagian besar anak-anak autisme baik-baik saja pada usia 10 tahun,” kata Dr. Peter Szatmari dari The Hospital for Sick Children di Toronto yang mengerjakan penelitian tersebut.

 

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Status ekonomi mempengaruhi

Salah satu faktor yang tampaknya mempengaruhi seberapa baik seorang anak adalah status sosial ekonomi mereka. Menurut hasil studi, mereka yang berasal dari keluarga berpenghasilan lebih tinggi dengan fungsi keluarga yang lebih baik, perkembangan anak dengan ASD pun cenderung lebih baik.

Menurut Szatmari, temuan ini bisa menjadi kunci untuk membingkai ulang pendekatan terhadap penyandang ASD. Untuk lebih fokus memperhatikan apakah anak-anak dengan ASD mengembangkan keterampilan dari waktu ke waktu daripada hanya melihat kekurangan mereka.

“Temuan ini membuka jalan baru untuk penelitian yang menilai jenis intervensi spesifik, misalnya dengan menyediakan lebih banyak sumber pendapatan atau perencanaan pengobatan alternatif untuk keluarga pada tahap awal perkembangan. Dengan demikian, diharapkan akan ada lebih banyak anak dengan ASD yang berkembang pesat seiring waktu,” jelas Szatmari.

3 dari 3 halaman

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.