Sukses

Pemprov Kalsel Kembangkan Sistem LAPOR Layani Penyandang Disabilitas

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mengembangkan program sistem Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) untuk menampung aspirasi dan pengaduan masyarakat dan menjangkau kepentingan layanan penyandang disabilitas.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mengembangkan program sistem Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) untuk menampung aspirasi dan pengaduan masyarakat dan menjangkau kepentingan layanan penyandang disabilitas.

Dilansir dari Antara, Pj Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal ZA menyebut pihaknya mengharapkan para penyandang disabilitas bisa menyampaikan aspirasi atau laporan mereka kepada pemerintah melalui sistem LAPOR. Ia pun berharap sistem LAPOR terus dikembangkan agar dapat melayani pengaduan atau laporan masyarakat sampai pelosok pedesaan.

Menurut Safrizal, para penyandang disabilitas pun layak dan berhak untuk mendapatkan perlakuan yang sama.

Simak Juga Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tindak Lanjut Permen PAN RB

Kadis Komunikasi dan Informasi Provinsi Kalimantan Selatan Gusti Yanuar mengungkapkan program LAPOR dibuat dalam rangka menindaklanjuti peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 46 tahun 2020 tentang Roadmap Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Tahun 2020-2024.

LAPOR sebagai Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik itu didorong untuk menjangkau para penyandang disabilitas dengan menegakkan hak mereka terhadap pelayanan publik di Indonesia, khususnya dalam hal menyampaikan aspirasi dan aduan mereka.

“Hanya dengan melalui LAPOR, tentunya dengan cara mereka masing-masing. Ada masukan, kritikan terhadap pemerintah pelayanan publik agar lebih baik lagi,’ kata Gusti.

 

Penulis: Abel Pramudya Nugrahadi

3 dari 3 halaman

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.