Bantu Lansia Tunanetra Pergi ke Klinik, Aksi Pekerja India di Singapura Tuai Pujian

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 13 Mei 2021, 13:00 WIB
Diperbarui 13 Mei 2021, 13:00 WIB
Merlion Park, Singapura.
Perbesar
Merlion Park, Singapura. (dok. Graham-H/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Liputan6.com, Jakarta Seorang pekerja India di Singapura mendapatkan banyak pujian usai melakukan sebuah aksi sederhana yaitu membantu pria lansia tunanetra untuk menyeberang jalan.

Pria 26 tahun itu bernama Gunasekaran Manikandan, seorang asisten survei pertanahan yang saat itu sedang bekerja di Ang Mo Kio 6. Saat itu, warga negara India itu melihat seorang pria tunanetra yang menunggu lama untuk menyeberang.

"Paman itu bilang ke saya bahwa dia ingin ke dokter, jadi saya mengantarnya ke poliklinik terdekat," kata pemuda asal Tamil Nadu itu seperti dilansir dari The Straits Times pada Minggu (9/5/2021).

Rupanya, aksi tersebut tertangkap kamera warganet dan menjadi viral di sebuah grup Facebook lokal. Setidaknya videonya telah ditonton hingga 280 ribu kali penayangan.

"Saya melihatnya di Facebook saya saat istirahat makan siang setelah teman-teman saya membagikannya kepada saya," kata Manikandan.

Rabu pekan lalu, Manikandan mendapatkan penghargaan dari Kementerian Tenaga Kerja Singapura (Ministry of Manpower/MOM), melalui Assurance, Care, and Engagement (ACE) Group.

2 dari 4 halaman

Diajari Membantu Penyandang Disabilitas

Petugas ACE saat itu segera melacak keberadaan Manikandan dengan melihat lokasi yang ada di video. Mereka lalu memberikannya ucapan terima kasih.

ACE Group, yang merupakan divisi di bawah MOM, memang sering membagikan bingkisan kepada pekerja asing yang mereka nilai telah melakukan hal-hal baik.

Manikandan mengatakan bahwa membantu pria tua buta itu memang membuatnya terlambat bekerja. Namun, ia dengan senang hati akan melakukannya lagi.

"Sejak kecil, orangtua saya mengajari untuk membantu penyandang disabilitas. Semua orang di keluarga saya seperti itu," katanya.

Selain itu, ia mengatakan bahwa ibu, ayah, dan saudara laki-lakinya serta kerabat di kampung halamannya yang telah menonton video viralnya juga merasa bangga kepadanya.

Saat ditanya apa yang ia lakukan terhadap bingkisan dari ACE Group, Manikandan mengatakan bahwa dia sudah membagikan isinya dengan teman-temannya.

3 dari 4 halaman

Infografis Syarat Lansia, Komorbid hingga Ibu Menyusui Disuntik Vaksin Covid-19

Infografis Syarat Lansia, Komorbid hingga Ibu Menyusui Disuntik Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Syarat Lansia, Komorbid hingga Ibu Menyusui Disuntik Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
4 dari 4 halaman

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓