Sukses

Dampak Pandemi: Pelajar dan Pekerja Disabilitas Kesulitan Belajar Daring hingga Sulit Komunikasi

Pemerintah pun diminta untuk mengeluarkan regulasi yang dapat mengakomodir kebutuhan penyandang disabilitas

Liputan6.com, Jakarta Penyandang disabilitas menjadi salah satu kelompok yang paling terdampak akibat adanya pandemi COVID-19, baik dari sisi pekerjaan maupun pendidikan.

Menurut Syiffa Anisa dari Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia mencontohkan, banyak pelajar dengan disabilitas yang mengalami kesulitan akibat adanya pembelajaran jarak jauh.

"Terutama yang masih SD, SMP, kadang dia sudah terbiasa dengan konsep kalau belajar itu di sekolah. Bukan di rumah," kata Syiffa dalam konferensi pers Women's March Jakarta 2021 Senin lalu.

"Ketika mereka dibiasakan dengan konsep belajar di rumah, ada yang tantrum, kesulitan untuk mengakses seperti Zoom Meeting, kadang ada yang tidak punya HP android," ujarnya, ditulis Rabu (21/4/2021).

Menurut Syiffa, kondisi semacam ini menambah beban pada pelajar dengan disabilitas itu sendiri, beserta orang-orang yang berada satu rumah dengan dirinya.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dampak Bagi Pekerja Disabilitas

Sementara bagi para penyandang disabilitas yang sudah bekerja, Syiffa mengatakan bahwa banyak dari mereka yang kehilangan pekerjaan "Yang sebelumnya susah menjadi tambah susah dengan adanya COVID ini," ujarnya.

Penggunaan masker pun juga membuat mereka yang tuli dan harus menggunakan bahasa isyarat, lebih sering berkomunikasi menggunakan tulisan atau bahkan meminta bantuan juru tulis.

Syiffa pun berharap agar pemerintah bisa mengeluarkan regulasi yang sesuai bagi penyandang disabilitas seperti dirinya.

"Coba pemerintah mengeluarkan regulasi-regulasi yang sesuai, yang akomodatif bagi kami kaum difabel, khususnya perempuan, untuk pendidikan inklusif yang bisa mengakomodir," ujarnya.

"Lalu juga regulasi dalam pekerjaan difabel, bagaimana kalau kehilangan pekerjaan, terus support system-nya apa. Perlindungan hak buruh difabel itu juga harus diutamakan saya pikir," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.