Penyandang Hiperaktif Ringan Kairo Jabbar Isi Ramadan dengan Mendongeng Cerita Islami

Oleh Ade Nasihudin Al Ansori pada 23 Apr 2021, 09:00 WIB
Diperbarui 23 Apr 2021, 17:19 WIB
Kairo Jabbar Prasada
Perbesar
Kairo Jabbar Prasada, penyandang hiperaktif yang aktif mendongeng cerita islami. Foto: Dokumen pribadi Kairo Jabbar.

Liputan6.com, Jakarta Sejak duduk di bangku taman kanak-kanak (TK) Kairo Jabbar Prasada yang menyandang hiperaktif ringan sering melihat guru-gurunya mendongeng dengan menggunakan boneka.

Saat itulah ketertarikan pada dunia mendongeng muncul di benak anak asal Solo, Jawa Tengah ini. Ketertarikan itu berlanjut hingga akhirnya pada saat kelas 3 SD, ia mulai mendongeng cerita islami dengan boneka yang diberi nama Usman.

Menurut sang ibu, Anik Kurniyawati (41), selain puasa, hafalan Al-Quran, mengaji, dan sholat tarawih, mendongeng cerita Islami menjadi salah satu kegiatan Kairo dalam mengisi bulan suci Ramadan.

“Biasanya dia mendongeng di acara sekolah, acara perumahan dan lomba dai cilik tingkat Kota Solo,” ujar Anik kepada kanal Disabilitas Liputan6.com melalui pesan teks, ditulis Rabu (21/4/2021).

Tak tanggung-tanggung, dalam perlombaan mendongeng, Kairo dan boneka Usman sempat meraih juara 2 tingkat Kota Solo dan membawa pulang piala serta piagam penghargaan.

2 dari 4 halaman

Mendongeng Sebagai Terapi

Setelah masuk dunia mendongeng, Anik melihat berbagai perkembangan baik pada buah hatinya.

“Dengan mendongeng Kairo jadi lebih bisa mengekspresikan diri, lebih bisa fokus lama, lebih bisa percaya diri, lebih bisa komunikasi dua arah, lebih bisa duduk lama,” kata Anik.

Menurutnya, mendongeng adalah salah satu bentuk terapi untuk Kairo. Pasalnya, dengan mendongeng Islami Kairo semakin mencintai Allah dan Rasul dengan meneladani kisah-kisahnya.

“Saya berharap Kairo semakin bisa mengekspresikan dirinya dengan baik, bisa mendongeng dengan baik dan lancar, bisa membuat Kairo lebih percaya diri dan tampil di depan orang, bisa berkomunikasi dengan lebih baik.”

“Mendongeng sangat kami rasakan manfaatnya untuk Kairo. Dia di akademik juga bagus. Kini Kairo bisa tenang, bisa fokus dan konsentrasi lama. PR-nya adalah Kairo masih suka jalan-jalan tidak betah duduk lama dan belum bisa ikat tali sepatu,” tutupnya.

3 dari 4 halaman

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas
Perbesar
Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)
4 dari 4 halaman

Simak Video Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓