Sukses

6 Jenis Disabilitas Tersembunyi yang Jarang Diketahui

Banyak orang hanya mengetahui jenis disabilitas fisik dan mental saja. Padahal menurut para ahli, ketidakmampuan belajar tertentu juga termasuk disabilitas

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang hanya mengetahui jenis disabilitas fisik dan mental saja. Padahal menurut para ahli, ketidakmampuan belajar tertentu juga termasuk disabilitas. 

Seperti dikutip Mayo Clinic, Learning Disability Association of America (LDA) mencatat bahwa ketidakmampuan anak untuk membaca, menulis dan berhitung bisa menjadi salah satu disabilitas yang jarang diketahui. 

Berikut adalah beberapa ketidakmampuan belajar yang termasuk disabilitas dan bagaimana pengaruhnya terhadap orang yang mengalaminya, dilansir dari IBtimes.

1. Disleksia

Disleksia merupakan masalah belajar membaca dan keterampilan pemrosesan berbasis bahasa lainnya. Sementara menurut LDA, disleksia dapat menyebabkan masalah dengan pengenalan kata, ejaan, dan decoding.

Menurut Barnsley College, mereka yang mengalaminya dapat melihat kata-kata sebagai huruf individual tetapi tidak dapat menempatkannya dalam urutan yang benar. Mereka mungkin juga kesulitan mengucapkan kata-kata yang lebih panjang atau mendengarkan dan menulis pada saat yang bersamaan. Penderita disleksia juga mungkin mengalami kesulitan dalam menulis karena sulit melihat orientasi sisi kiri dan kanan.

Selain masalah umum dengan pendidikan, penderita disleksia juga mungkin mengalami kesulitan untuk mengatur waktu mereka.

"Anda mengalami kesulitan menilai berapa lama waktu yang dibutuhkan serta kesulitan mengingat tanggal dan janji temu," kata Barnsley College.

2. Diskalkula

Dalam diskalkula, kesulitannya terletak pada kemampuan matematika seseorang dan pemahaman tentang bagaimana angka dapat berhubungan satu sama lain. Menurut Mayo Clinic, seseorang dengan diskalkula mungkin merasa sulit untuk menggunakan simbol matematika atau berhitung. Dengan demikian, mereka mungkin memiliki masalah dalam menghitung soal matematika dan memahami soal kata.

Karena dyscalcula menyebabkan kesulitan dalam mempelajari matematika dasar, mungkin juga sulit bagi seseorang dengan kondisi tersebut untuk belajar matematika pada level yang lebih tinggi. Matematika sehari-hari mungkin juga agak problematis.

 

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Disgrafia

Disgrafia adalah ketidakmampuan belajar yang mempengaruhi kemampuan seseorang dalam menghasilkan karya tulis. Menulis membutuhkan kombinasi keterampilan motorik halus dan kemampuan pemrosesan otak. Sayangnya, disgrafia mengganggu kemampuan seseorang untuk menyimpan dan secara otomatis mengambil huruf dan angka, jelas LDA.

Jikan disgrafia dapat menulis, maka dibutuhkan lebih banyak usaha dan konsentrasi penuh untuk menghasilkan sebuah karya tulis, jelas Barnsley College. Ini juga dapat mengganggu kemampuan matematika mereka karena mereka mungkin juga memiliki masalah dalam menulis angka.

Seseorang dengan disgrafia mungkin tampak memiliki tulisan tangan yang berantakan, tetapi itu sebenarnya karena proses menulis yang sebenarnya lebih sulit bagi mereka.

4. Dispraxia

Dispraxia adalah kelainan umum yang memengaruhi gerakan dan koordinasi. Ini ditandai dengan kesulitan kontrol otot dan masalah dengan koordinasi, kata LDA.

Meskipun secara teknis tidak dianggap sebagai ketidakmampuan belajar di AS, hal ini sering dikaitkan dengan ketidakmampuan belajar karena dapat juga mempengaruhi pembelajaran.

"Dispraxia sering muncul bersamaan dengan Disleksia, Dyscalculia atau ADHD," kata LDA.

Seseorang dengan dyspraxia mungkin tampak canggung. Mereka cenderung memiliki koordinasi tangan-mata yang buruk dan mungkin juga mengalami kesulitan dalam mengatur barang-barang mereka. Keterampilan motorik halus seperti memotong secara akurat mungkin sulit bagi penderita dyspraxia, dan mereka mungkin juga menemukan suara keras atau konstan seperti detak jam yang cukup mengganggu.

5. Gangguan Belajar Non-Verbal

Orang dengan ketidakmampuan belajar non-verbal tidak memiliki masalah dengan kosa kata, kemampuan membaca dan bahasa mereka. Menurut Mayo Clinic, masalahnya ada pada kemampuan visual-motorik, visual-spasial dan sosial mereka. Ini termasuk masalah dalam menafsirkan ekspresi wajah dan isyarat non-verbal, perhatian, mengatur dan menggunakan bahasa yang sesuai untuk sekolah.

Meskipun masih tidak terdaftar sebagai jenis ketidakmampuan belajar, LDA mencatat semakin banyak bukti bahwa sekitar 5% orang dengan ketidakmampuan belajar juga menunjukkan masalah yang terkait dengan ketidakmampuan belajar non-verbal.

6. Berurusan Dengan Ketidakmampuan Belajar

Menurut Mayo Clinic, gangguan belajar dapat berasal dari berbagai faktor, termasuk riwayat keluarga, trauma psikologis atau fisik, paparan lingkungan terhadap racun seperti timah hitam, atau risiko prenatal. Penting untuk mengetahui gangguan belajar sejak dini karena dapat memicu kecemasan, rendah diri, dan depresi pada anak-anak yang mengalaminya.

Sejauh ini, beberapa pilihan dapat membantu anak-anak dengan ketidakmampuan belajar, dari program pendidikan individual dan pengaturan kelas hingga pengobatan dan terapi. Penting juga untuk mendukung minat anak-anak dengan gangguan belajar untuk membantu mereka mendapatkan kepercayaan diri.

"Ketidakmampuan belajar tidak dapat disembuhkan atau diperbaiki; itu adalah tantangan seumur hidup," kata LDA. "Namun, dengan dukungan dan intervensi yang tepat, orang dengan ketidakmampuan belajar dapat mencapai kesuksesan di sekolah, di tempat kerja, dalam hubungan, dan di masyarakat."

3 dari 3 halaman

Infografis GeNose, Alat Deteksi Cepat Covid-19 Karya Anak Bangsa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.