Sukses

Saling Bantu di Masa Pandemi COVID-19, DTB Salurkan Bantuan Kursi Roda untuk Difabel yang Membutuhkan

Ketua DTB Jawa Barat menyampaikan bahwa pemberian bantuan dilatarbelakangi dengan tujuan saling mendukung di masa pandemi COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Diabetes yang diidap Iyah Lasmini menggerogoti tangan kirinya hingga terpaksa amputasi. Kini, diabetes juga menyerang salah satu kakinya dan membuat ia tak mampu berjalan.

Wanita paruh baya ini tak memiliki biaya yang cukup untuk membeli kursi roda. Hal yang paling mungkin ia lakukan hanyalah meminjam kursi roda ke ibu PKK.

Iyah adalah satu dari sekian banyak penyandang disabilitas yang tidak mampu membeli kursi roda dan alat bantu lainnya. Melihat hal ini, Yayasan Disabilitas Tanpa Batas (DTB) menyalurkan bantuan pinjaman kursi roda kepada teman-teman difabel.

“Sebelum dapat kursi roda ini saya belum dapat bantuan, paling suka pinjam kursi roda dari ibu PKK untuk keperluan ke rumah sakit dan untuk keperluan sehari-hari. Ke depannya, mudah-mudahan saya dapat bantuan lagi untuk berobat,” ujar Iyah dalam keterangan pers (30/8/2020).

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akan Terus Dilakukan

Ketua DTB Jawa Barat Corfied menyampaikan bahwa pemberian bantuan dilatarbelakangi dengan tujuan saling mendukung di masa pandemi COVID-19. Ia menambahkan, target penerima manfaat jumlahnya berubah-ubah setiap bulan.

“Target kami setiap bulan berubah-ubah, untuk Bandung 80 orang, untuk Jakarta 200 orang dan untuk Padang 30 orang,” katanya dalam rilis.

Kriteria penerima manfaat dari program bantuan ini adalah seluruh ragam penyandang disabilitas yang telah mendaftarkan diri ke DTB sebagai peserta penerima manfaat. Kursi roda pun akan dipinjamkan dalam jangka waktu yang disesuaikan dengan kebutuhan penerima manfaat.

“Harapannya kami mampu menyiapkan alat bantu gerak sebagai bagian yang tidak terpisahkan.”

Corfied juga menjelaskan bahwa kursi roda yang disalurkan adalah hasil sumbangan dari para penyandang disabilitas juga. Menurutnya, kegiatan ini akan terus dilakukan sebagai bentuk dukungan kepada penyandang disabilitas dan keluarganya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.