Sukses

Tips Jaga Kursi Roda Tetap Steril di Masa Pandemi COVID-19

Zulhamka Julianto Kadir, seorang pengguna kursi roda, harus tetap bekerja di masa pandemi COVID-19. Segala upaya perlindungan diri ia lakukan tak terkecuali memperhatikan kebersihan kursi rodanya.

Liputan6.com, Jakarta Zulhamka Julianto Kadir, seorang pengguna kursi roda, harus tetap bekerja di masa pandemi COVID-19. Segala upaya perlindungan diri ia lakukan tak terkecuali memperhatikan kebersihan kursi rodanya.

Selain melindungi diri dengan menggunakan masker dan mencuci tangan, ia juga rutin membersihkan kursi roda elektrik yang telah menjadi bagian dari dirinya.

"Membersihkan sebelum masuk rumah untuk bagian-bagian yang sering dipegang. Kursi roda elektrik dilap dengan sabun untuk ban, dan lain-lain," ujarnya kepada Liputan6.com.

Pria yang akrab disapa Anto ini juga menyebutkan beberapa bagian kursi roda yang sering disentuh.

"Bagian yg sering dipegang itu setangnya, kunci kursi roda, tuas kursi dan tombol on off di bawah kursi. Membersihkan dengan cairan disinfektan atau minimal dengan air sabun."

Tak dapat dimungkiri, kegiatan membersihkan kursi roda sangat melelahkan baginya. Namun, hal tersebut dilakukan kembali lagi untuk melindungi diri.

"Cape pasti, tapi itulah yg bisa dilakukan dari kemungkinan yang tak diinginkan," ujarnya.

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetap Sehat

Setiap harinya, Anto masih harus masuk kantor. Tuntutan kerja di bidang telekomunikasi menjadi tanggung jawabnya agar pelanggan tetap dapat terhubung satu sama lain.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan setiap kali pria asal Bandung ini hendak berangkat kerja. Mulai dari mengenakan masker, periksa suhu, hingga menggunakan hand sanitizer.

"Menggunakan masker ketika keluar rumah dengan memastikan kembali sudah cuci tangan. Membawa surat tugas karena situasi sudah PSBB, hanya orang berkepentingan saja yg diperbolehkan keluar rumah. Dan tak lupa pamit kepada keluarga, karena mereka saya kuat.”

Untuk menjaga kesehatan tubuh, pria yang akrab disapa Anto ini rutin mengonsumsi vitamin bila diperlukan. Olahraga ringan secara teratur, menjaga pola tidur dan pola makan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.