Sukses

Empat Tingkatan Disabilitas Intelektual Berdasar Skor IQ

Penyandang disabilitas intelektual masih memiliki stigma sosial di Thailand. Meskipun kini lebih banyak penerimaan daripada sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta Penyandang disabilitas intelektual masih mendapat stigma sosial di Thailand. Meskipun kini lebih banyak penerimaan daripada sebelumnya.

Hal ini diungkap oleh Ketua yayasan kesejahteraan penyandang disabilitas intelektual di Thailand, Cherd Theerakiatikun. Menurutnya, orang-orang ini membutuhkan lebih banyak dukungan dari masyarakat. Masalah terbesar lainnya adalah 90 persen dari mereka menganggur.

"Tanpa pekerjaan, mereka menjadi beban bagi keluarga mereka," kata Cherd kepada CNA.

Orang dengan disabilitas intelektual adalah individu yang memiliki skor IQ lebih rendah dari 70. Mereka cenderung tidak memiliki keterampilan untuk melakukan kegiatan sehari-hari seperti komunikasi, perawatan diri, pengarahan diri sendiri, kesehatan dan keselamatan.

Menurut Departemen Kesehatan Mental Thailand, kondisi ini dibagi menjadi empat tingkatan berdasarkan kinerja IQ. Disabilitas intelektual ringan memiliki skor IQ 50-70, Sedang 35-49, Parah 20-30, dan tingkat luar biasa skornya di bawah 20.

Orang-orang yang memiliki skor IQ 50 atau lebih tinggi dapat mengambil manfaat dari program pendidikan atau pelatihan. Sementara itu, mereka yang mendapat skor di bawah 50 dianggap dapat dilatih, artinya mereka dapat dilatih keterampilan yang diperlukan untuk menjalankan kehidupan sehari-hari.

“Jika skor IQ Anda adalah 10, misalnya, otak Anda seperti anak yang baru lahir. Tubuh Anda mungkin tumbuh tetapi otak Anda tidak. Itu berarti Anda tidak akan bisa berjalan. Jadi, penting untuk melatih otot Anda dalam kasus ini karena tubuh Anda akan terus berkembang, "kata Nutchanun Pruekpaibool dari Yayasan Kesejahteraan Kaum Keterbelakangan Mental.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dapat Bekerja Secara Mandiri

Jin seorang penyandang down syndrome yang kini bekerja sebagai barista di salah satu kafe di Thailand memiliki skor IQ mendekati 70. Menurut Nutchanun, otak Jin seperti anak sepuluh tahun. Namun, kemampuan fisiknya melebihi kemampuan anak-anak.

"Dia dapat membantu dirinya sendiri dengan banyak kegiatan kehidupan sehari-hari tetapi dia masih tidak dapat melakukan perjalanan sendiri," tambah Nutchanun.

Pendidikan dan pelatihan kejuruan selama bertahun-tahun di yayasan telah membantu Jin mengembangkan potensi untuk dapat bekerja dan mendapatkan penghasilan tetap. Dia telah menghafal lebih dari sepuluh resep minuman yang berbeda di Panya Café dan dibayar sekitar US $ 300 atau sekitar Rp 4,2 juta sebulan.

Undang-undang Thailand menuntut organisasi pemerintah dan swasta harus mempekerjakan setidaknya satu orang penyandang disabilitas intelektual untuk setiap 100 karyawan. Mereka juga dapat mempekerjakan mereka dengan kontrak tahunan dengan upah minimum 300 Baht (US $ 10) atau sekitar Rp 140 ribu per hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.