Sukses

Curahan Hati Seorang Penyandang Achondroplasia

Danielle Reid lahir dengan achondroplasia yang membuat postur tubuhnya pendek. Di usia 22, tingginya hanya 119cm.

Liputan6.com, Jakarta Danielle Reid lahir dengan achondroplasia yang membuat postur tubuhnya pendek. Di usia 22, tingginya hanya 119cm.

Achondroplasia adalah suatu bentuk kelainan kerdil di mana tulang rawan tidak berkembang secara sempurna. Hal ini menghambat pertumbuhan, membuat tubuhnya tumbuh normal namun kaki dan tangannya cenderung lebih pendek.

Dia mengatakan, saat keluar rumah orang menganggapnya anak kecil. Ia juga berjuang dengan hal-hal seperti pintu otomatis, karena sensor terlalu tinggi. Tetapi salah satu hal yang paling menyebalkan baginya adalah perlakuan orang-orang.

Banyak orang yang menatap bahkan mencoba memvideokan dirinya. Bahkan orang mabuk di bar sempat mencoba mengangkat tubuhnya.

“Orang-orang di masyarakat memperlakukan saya secara berbeda. Mereka menunjuk saya dan tertawa kemudian mengambil foto. Saya sempat bertemu orang yang mencoba mengangkat tubuh saya,” katanya pada Metro.

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sulit Keluar Sendiri

Perempuan asal Glasgow, Skotlandia ini mengatakan, cara orang lain bereaksi membuatnya sulit keluar sendirian. Ia hidup dengan kondisi ini sepanjang usia dan telah terbiasa dengan keterbatasan yang ada. Tetapi cara orang lain memperlakukannya menjadi kesulitan tersendiri.

"Saya sempat bertemu orang yang tiba-tiba memegang leher saya, ini benar-benar aneh. Saya tidak mengerti apa  yang mereka pikirkan. Saat keluar sendirian, biasanya beberapa pemuda mabuk mendekati dan mengganggu.”

Pergi keluar rumah bersama teman adalah hal terbaik. Setidaknya ia memiliki perlindungan. Jika ada orang yang mengganggu maka teman-temannya akan menghadang dan mengusir orang tersebut. “Jika saya sendiri yang mengusirnya, mereka tidak akan mendengarkan.”

“Orang-orang perlu menyadari bagaimana perasaan orang lain. Semua orang ingin menyesuaikan diri dan itu sulit tetapi lebih buruk ketika orang menertawakan Anda untuk sesuatu yang tidak dapat Anda ubah,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.