Sukses

Aktor Zack Gottsagen dengan Down Syndrome Ukir Sejarah di Academy Awards

Zack Gottsagen ukir sejarah sebagai aktor down syndrome pertama yang berhasil raih penghargaan Oscar. Film pendek live-action yang ia bintangi keluar sebagai yang terbaik.

Liputan6.com, Jakarta Zack Gottsagen ukir sejarah sebagai aktor down syndrome pertama yang berhasil meraih penghargaan Oscar. Film pendek live-action yang ia bintangi keluar sebagai yang terbaik.

Tahun lalu, film Peanut Butter Falcon menjadi film yang sangat diminati. Film ini dibintangi aktor Shia LeBeouf dan Zack Gottsagen yang menyandang Down syndrome.

"Peanut Butter Falcon" banyak mendapat pujian dari para kritikus. Akibat film ini, keduanya menjadi dekat selama pembuatan film. LeBeouf mengatakan bahwa Zack menyelamatkan hidupnya.

Academy Awards tahunan adalah malam yang penting bagi insan Hollywood. Acara ini dihadiri oleh selebritis papan atas dan ditonton oleh jutaan orang. Namun, selebriti dengan disabilitas tidak menjadi bagian perhelatan akbar ini sejak lama.

Sampai akhirnya, Zack dan LeBeouf berjalan di karpet merah bersama dan kemudian mempersembahkan Oscar untuk film pendek live-action terbaik. Dilansir dari liveaction.org, ini adalah pertama kalinya seseorang dengan disabilitas menerima penghargaan di ajang tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mendapat Sambutan Baik

Prestasi Zack disambut oleh banyak orang yang merasa terwakili sebagai penyandang difabel di Academy Awards. “Selama hampir seabad, disabilitas telah secara mencolok ditinggalkan dari pembicaraan tentang keberagaman di Hollywood,” kata Jay Ruderman, Pemimpin Ruderman Family Foundation yang fokus pada isu difabel.

Ia menambahkan, presentasi tersebut menandai langkah maju yang sangat berarti bagi Academy Awards dan industri hiburan secara keseluruhan. Ia berharap, tonggak sejarah ini dapat berfungsi sebagai batu loncatan untuk inklusi yang lebih besar di Hollywood.

“Termasuk melalui peningkatan peran aktor dengan disabilitas.”

Hingga kini, hanya dua orang penyandang disabilitas yang pernah dianugerahi Oscar. Pertama Marlee Matlin penyandang tuli dan kedua Zack. Namun, banyak aktor telah diberikan penghargaan karena memerankan seseorang dengan disabilitas.

Menurut liveaction.org, momen Zack yang menjadi sorotan adalah langkah maju yang besar bagi para penyandang disabilitas di industri hiburan, tetapi lebih banyak yang bisa dilakukan. Komunitas penyandang disabilitas adalah kelompok minoritas terbesar di Amerika Serikat.

“Mereka pantas mendapat kesempatan untuk menceritakan kisah mereka sendiri dan menerima penghargaan.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini