Sukses

Charcot Marie Tooth Tak Sekadar Menyerang Otot, Begini Cara Penanggulangannya

Charcot Marie Tooth yang menyerang otot dan saraf dan menyebabkan disabilitas fisik tidak dapat diobati. Tetapi gangguan ini umumnya berkembang perlahan dan tidak memengaruhi rentang hidup seseorang.

Liputan6.com, Jakarta Charcot Marie Tooth yang menyerang otot dan saraf menyebabkan disabilitas fisik yang tidak dapat diobati. Tetapi gangguan ini umumnya berkembang perlahan dan tidak memengaruhi rentang hidup seseorang.

Ada beberapa perawatan untuk membantu mengelola gangguan Charcot Marie Tooth. Dilansir dari mayoclinic.org, perawatannya dapat dengan konsumsi obat, terapi, dan operasi.

Obat-obatan

Charcot Marie Tooth kadang-kadang dapat menyebabkan rasa sakit karena kram otot atau kerusakan saraf.

 “Jika rasa sakit adalah masalah bagi Anda, resep obat nyeri dapat membantu mengendalikan rasa sakit Anda,” tulis Mayo Clinic.

Terapi fisik

Terapi fisik dapat membantu memperkuat dan meregangkan otot untuk mencegah pengetatan dan kehilangan massa otot. Suatu program terapi biasanya mencakup latihan ringan dan teknik peregangan.

Latihan ini dipandu oleh ahli terapi fisik terlatih yang telah disetujui oleh dokter. Terapi dapat dimulai sejak dini dan dilakukan secara teratur untuk membantu mencegah hilangnya mobilitas.

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alat Bantu dan Operasi

Terapi okupasi

Kelemahan pada tangan dapat menyebabkan kesulitan ketika melakukan gerakan mencengkeram dan gerakan jari. Misal saat mengancingkan baju atau saat menulis.

Terapi okupasi dapat berjalan dengan penggunaan alat bantu, seperti pegangan karet khusus pada gagang pintu atau menggunakan pakaian tanpa kancing.

Perangkat ortopedi

Banyak orang dengan gangguan Charcot Marie Tooth memerlukan bantuan alat ortopedi tertentu untuk mempertahankan mobilitas sehari-hari dan untuk mencegah cedera. Kawat atau belat kaki dapat memberikan stabilitas saat berjalan dan menaiki tangga.

Sepatu bot atau sepatu tinggi juga dapat mendukungan fungsi pergelangan kaki. Sepatu atau alas sepatu yang dibuat khusus dapat memperbaiki gaya berjalan.

Operasi

Jika kelainan bentuk kaki parah, operasi kaki korektif dapat membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kemampuan berjalan. Pembedahan tidak akan membuat kaki bertambah lemah atau mati rasa.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.