Sukses

Atlet Basket Paralimpiade Ade Adepitan Jalin Kerja Sama dengan Teater Disabilitas Inggris

Pemenang medali emas basket kursi roda dan pembawa acara TV populer Ade Adepitan akan menjadi penyokong atau mitra Blue Sky Actors. Sebuah grup teater untuk penyandang disabilitas intelektual di Stratford Circus Arts Centre, Inggris.

Liputan6.com, Jakarta Pemenang medali emas basket kursi roda dan pembawa acara TV populer Ade Adepitan akan menjadi penyokong atau mitra Blue Sky Actors, sebuah grup teater untuk penyandang disabilitas intelektual di Stratford Circus Arts Centre, Inggris.

Blue Sky Actors telah berdiri dan merancang berbagai pertujukan teater sejak 2011. Grup ini menjalin kemitraan dengan Face Front Inclusive Theatre. Selain merancang pertunjukan, mereka juga memberi pelatihan kerja untuk anggotanya.

Grup ini bertujuan untuk memastikan pengalaman budaya dapat diakses semua orang. Kakak perempuan Ade, Omoyile, yang menyandang Down's Syndrome, merupakan anggota lama kelompok teater disabilitas tersebut.

Stratford Circus Arts Centre juga merupakan rumah bagi paduan suara lokal. Mereka biasa menyelenggarakan kegiatan rutin dan sesi seni untuk lansia. Tak jarang mereka juga melakukan penggalangan dana di pusat tersebut.

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Karir Ade Adeptian

Ade Adepitan mengembangkan minat dalam bidang olahraga basket kursi roda setelah pindah dari Lagos ke Newham, London, Inggris sejak usia tiga tahun.

Bakatnya berkembang hingga memenangkan medali perunggu, emas, dan piala dunia dalam Paralimpiade.

Sejak meraih medali Paralimpiade, wajahnya semakin terkenal di layar kaca. Ia sempat menayangkan liputan Paralimpiade London 2012 dan telah memimpin banyak film dokumenter untuk BBC.

 “Saya sangat senang menjadi penyokong pertama Blue Sky Actors, yang berbasis di Stratford Circus Arts Centre. Kakak saya adalah anggota kelompok yang sangat dicintai dan telah lama bergabung. Ibu kami penggemar berat karya mereka dan telah melihat setiap pertunjukan,” katanya pada disabilityhorizons.com.

Grup ini sangat populer dengan tiga puluh anggota dan daftar tunggu penonton yang panjang. Dalam beberapa tahun terakhir, tiket pertunjukan mereka selalu terjual habis, ini menunjukkan pentingnya teater.

“Saya sangat senang mendengar bahwa grup ini bekerja dalam kemitraan dengan Face Front Inclusive Theatre dan baru-baru ini memiliki kelanjutan pendanaan dari City Bridge Trust dan pendanaan baru dari Foyle's Foundation."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.