Sukses

Pemerintah Jabar Janjikan Perluasan Akses Modal Penyandang Disabilitas

Nantinya penyandang disabilitas di Jawa Barat bisa membangun dan mengembangkan usahanya sendiri

Liputan6.com, Jawa Barat- Pemerintah Jawa Barat bersama Bank BJB menjanjikan perluasan akses permodalan bagi penyandang disabilitas melalui BJB MESRA (Masyarakat Ekonomi Sejahtera). Menurut Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, nantinya program tersebut akan membuka pintu selebar-lebarnya bagi penyandang disabilitas untuk mengembangkan usahanya. 

"Ada penambahan platform untuk Kredit Mesra. Harapannya, 270 desa di Sumedang semuanya sudah terakses ke 270 masjid yang menjadi mitra dan akan disalurkan Bank BJB," kata Ridwan Kamil dalam acara Sapa Warga di Desa Wisata di Kecamatan Cisema, Kabupaten Sumedang, Bandung, Sabtu, 15 Februari 2020. 

Sementara itu, Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi, mengaku pihaknya berkomitmen memberdayakan penyandang disabilitas dengan membuka akses permodalan. Yuddy mengatakan bahwa penyandang disabilitas pun harus diberi kesempatan untuk mengembangkan usaha. 

"Penyandang disabilitas merupakan masyarakat Jabar yang harus diberikan kesempatan yang sama dengan masyarakat lainnya, termasuk dalam pengembangan usahanya," ujar Yuddy.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesempatan untuk Disabilitas

Ketua Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) Jawa Barat Kustini menyambut baik program tersebut. Dengan adanya akses permodalan, Kustini optimistis kemandirian penyandang disabilitas Jawa Barat akan meningkat. 

Alasannya, kelompok disabilitas sekarang ini masih sulit mengakses permodalan. Dengan biaya administrasi ringan dan juga tidak berkelompok, Kustini menilai ini sangat memudahkan bagi penyandang disabilitas untuk mengembangkan usahanya. 

HWDI Jabar, lanjut Kustini, berencana menyosialisasikan program ini kepada kelompok-kelompok disabilitas di Jawa Barat. Teknis sosialisasinya, HWDI dan bank bjb akan memberikan pelatihan dan edukasi terkait kewirausahaan. 

"Jika teman-teman sudah memiliki usaha, ini ada bjb Mesra yang bisa mendorong dan membangun usaha kelompok disabilitas. Saya yakin dengan bjb Mesra ini, mereka (penyandang disabilitas) akan termotivasi untuk mengembangkan usaha. Mudah-mudahan makin banyak kelompok disabilitas yang mampu membangun usahanya," katanya.

(Arie Nugraha)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini