Sukses

Dua Jenis Diet Terbaik untuk Kesehatan Mental

Disabilitas mental dapat diatasi atau dirawat dengan diet sehat. Diet juga lebih murah jika dibanding dengan terapi lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Disabilitas mental dapat diatasi atau dirawat dengan diet sehat. Hal ini disampaikan oleh Anika Knuppel seorang peneliti di University College London Seperti dilansir dari healthline.com.

"Mengubah nutrisi atau diet bisa menjadi tambahan yang bagus untuk terapi tradisional. Diet ini juga lebih murah jika dibanding dengan terapi lainnya,” kata Anika.

Ada dua cara diet yang dapat membantu kesehatan mental. Dua diet ini harus dibarengi dengan meningkatkan kebiasaan sehat dan mengurangi kebiasaan tidak sehat.

Dua diet terbaik menurut penelitian adalah diet Mediterania yang menekankan lemak sehat dan diet DASH yang berfokus pada pengurangan gula.

Diet Mediterania

Diet Mediterania lebih fokus pada tambahan buah-buahan dan sayuran segar, polong-polongan yang kaya protein, ikan berlemak sehat, dan minyak zaitun (tinggi omega-3).

Satu studi mengamati 166 orang yang mengalami depresi klinis. Beberapa di antaranya dirawat dengan obat-obatan. Para peneliti menemukan bahwa setelah 12 minggu melakukan diet Mediterania, gejala para peserta secara signifikan membaik.

Studi sebelumnya pada 2011 menemukan bahwa ketika mahasiswa kedokteran meningkatkan asupan asam lemak omega-3 mereka, kecemasan mereka berkurang sebesar 20 persen. Sementara pada 2016, peneliti Spanyol menemukan orang-orang yang mengikuti gaya hidup Mediterania memiliki potensi 50 persen lebih kecil untuk mengalami depresi daripada mereka yang tidak mengikuti.

Berikut cara melakukan diet Mediterania:

1. Ubah asupan tepung dengan biji-bijian dan kacang-kacangan.

2. Konsumsi buah-buahan dan sayuran.

3. Ganti daging dengan ikan salmon atau tuna albacore.

4. Tambahkan lemak sehat, seperti kacang mentah dan minyak zaitun.

5. Nikmati permen dan anggur secukupnya.

 

Simak Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diet DASH

Diet DASH adalah diet yang fokus pada pengurangan konsumsi gula.

Sebuah studi di 2017 yang dipimpin Anika menganalisis asupan gula lebih dari 23 ribu orang. Mereka menemukan bahwa pria yang mengonsumsi gula paling banyak  67 gram atau lebih sehari, yaitu 17 sendok teh gula memiliki kemungkinan 23 persen lebih besar untuk mengalami depresi atau kecemasan.

Penelitian baru dari Rush University Medical Center melaporkan potensi lain. Di antara orang dewasa yang lebih tua, mereka yang mengikuti diet DASH lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami depresi dibanding orang yang melakukan diet biasa.

Diet ini meliputi:

1. Konsumsi biji-bijian utuh, sayuran, dan buah-buahan.

2. Asupan protein berasal dari ayam, ikan, dan kacang-kacangan.

3. Beralih ke produk susu rendah lemak atau tanpa lemak.

4. Batasi permen, minuman manis, lemak jenuh, dan alkohol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.